Hikmah Hari Kesehatan Gigi

NERACA.Kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga dan perlu perawatan sejak dini, agar terhindar dari penyakit gigi dimasa depan. Banyak masyarakat yang belum menyadari betul betapa pentingnya menjaga dan merawat kesehatan gigi. Padahal itu menyangkut kesehatan tubuh dan dapat memperpanjang umur, karena salah satu alat pencernaan yang berfungsi untuk memaparkan bahan makanan. Bila salah satu fungsi alat pencernaan itu kurang tentunya akan mengurangi asupan gizi kedalam tubuh sehingga banyak penyakit yang akan timbul.

Dalam rangka hari kesehatan gigi nasional dibulan ini, pemerintah dan pihak kedokteran mencoba melatih masyarakat untuk membiasakan hidup sehat dengan menjaga dan merawat kesehatan gigi. Hal itu bertujuan untuk memberi kesadaran pada masyarakat agar terbiasa dengan hidup sehat sehingga bisa menjaga dan merawat kesehatan gigi dengan baik.

Menurut data survey dan riset yang dilakukan oleh PDGI, sekitar 89% anak Indonesia dibawah umur 12 tahun sering mengalami gigi berlubang. Sisanya tinggal 11 persen anak Indonesia yang terhindar dari karies. Disamping itu, rata-rata penduduk yang berkeinginan untuk menambal giginya untuk mempertahankan gigi tetap hanya berjumlah sekitar 1,6 persen.

Kemudian Unilever bersama pepsodent berkampanye untuk mencanangkan bulan kesehatan gigi nasional, yang bertujuan menyadarkan masyarakat untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi. Hal itu penting dilakukan guna meningkatkan taraf kesehatan dalam kehidupan masyarakat secara nasional.

Salah satu usaha swasta dalam hal ini unilever, yang telah melakukan usaha penyadaran yang tiada henti untuk mengajak masyarakat menjaga dan merawat kesehatan gigi. Kiprahnya hamper 40 tahun lebih dalam menyadarkan masyarakat bahwa menjaga dan merawat kesehatan gigi itu pentin. Berbagai unsure baik pemerintah sendiri maupun swasta, digalang untuk mensukseskan program tersebut. Bila program itu berhasil maka masyarakat itu sendiri yang menikmati hasilnya. Kini menurut data tahun 2010, BKGN telah menjangkau 6 juta orang terutama pada anak-anak Indonesia di berbagai sekolah yang tersebar di 65 kota.

Menyadari betapa pentingnya kesehatan gigi untuk mencerdaskan bangsa, berbagai upaya telah dioptimalkan oelh pemerintah untuk mengajak elemn masyarakat untuk membiasakan hidup sehat. Menjaga dan merawat kesehatan gigi dengan memberi penyuluhan, mulai pada tingkat sekolah dasar. Para dokter dan pihak terkait memberikan penyuluhan kepada anak-anak sekolah dasar untuk menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi sehabis makan. Selain itu, memberikan contoh dengan mengajarkan cara menyikat gigi dengan baik, agar gigi benar-benar bersih.

Pemberitahuan tentang makanan apa saja yang dapat merusak gigi, seperti gigi berkarat, dan gigi cepat tanggal. Diantaranya makanan yang mengandung bahan gula kimia atau makanan yang terlalu manis. Para penyulu itu, biasanya meminta kepada anak-anak sekolah tersebut untuk mempraktekkannya ketika dirumah dan menyampaikan pesan-pesan tersebut kepada orang tuanya.

Sesuai dengan anjuran dokter, sebaiknya setiap enam bulan sekali memeriksakan gigi. Tetapi terkadang mereka beranggapan bahwa gigi mereka baik-baik saja ketika mereka tidak merasakan sakit. Namun, gigi berlubang seringkali datang tanpa rasa sakit terlebih dahulu. Apabila rasa sakit itu sampai terasa artinya sudah gigi berlubang sudah mencapai syaraf gigi kita dan kuman dapat dengan mudah masuk kedalam syaraf tersebut. Kalau sudah begini, anak-anak bisa terganggu konsentrasi belajarnya bahkan bisa tidak masuk sekolah.

Bulan Kesehatan Gigi Nasional ini bukan hanya sekedar seremonial saja akan tetapi lebih pada pelaksanaan kegiatan sosial. Memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa pemeriksaan dan perawatan gigi gratis. Ditambah dengan edukasi akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dalam kehidupan sehari-hari. Memberi contoh dan cara-cara yang tepat dalam memeilihara gigi, seperti rajin menyikat gigi 2x sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Bila itu terlaksana maka dapat meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut masyarakat seluruh Indonesia.

Bagi Anda dan keluarga yang ingin menerapkan hidup sehat cobalah mulai dengan menjaga dan merawat kesehatan gigi Anda. Gigi Anda dan keluarga sehat maka anda termasuk keluarga sehat sehingga bisa menjadi contoh bagi yang lainnya. Jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter Anda.

Related posts