Percepat Pembangunan Taman Majapahit - Kemenbudpar :

NERACA - Taman Majapahit di Trowulan Mojokerto Jawa Timur akhirnya mendapatkan perhatian khusus dari pihak Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata untuk membangun taman tersebut. Hal ini dituangkan melalui penandatanganan nota kesepahaman Pelestarian dan Pembangunan Taman Majapahit. Ini dilakukan antara Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Adapun isi nota tersebut menyusun kembali rencana dan merevisi pembangunan Taman Majapahit yang dilaksanakan sejak 2007. Menurut Menbudpar Jero Wacik, pembangunan Taman Majapahit penting dipercepat didasari atas nilai filsafat yang ditinggalkan Majapahit sebagai penyemangat bangsa Indonesia. “Kita paham betul filsafat Nusantara, Bhineka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa. Semua itu tercetus pada masa kejayaan Majapahit,” kata Jero Wacik.

Kemenbudpar akan mengarahkan APBN untuk pembangunan Taman Majapahit. ”Komisi X DPR RI juga mendukung. Target kami 2013 Taman Majapahit bisa selesai,” imbuhnya. Sampai saat ini, telah banyak candi dipugar, tapi banyak juga peninggalan yang masih tertimbun di dalam tanah. Menjaga keutuhan benda-benda tersebut merupakan pertimbangan utama agar nilai sejarahnya terjaga. ”Jika saat pembangunan ditemukan benda-benda peninggalan Majapahit, maka sebaiknya dikonsultasikan kepada pakar arkeologi agar sesuai dengan disiplin arkeologi,” ungkapnya.

Selain melestarikan kawasan cagar budaya Majapahit, proyek ini juga berorientasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui industri pariwisata. Gubernur Jawa Timur Soekarno berharap, Taman Majapahit memberi keuntungan ekonomi bagi masyarakat Jawa Timur, khususnya Trowulan. “Kami juga akan memberi bantuan keuangan untuk membangun Desa Pejinjong agar menjadi Desa Majapahit,” tutupnya.

Related posts