Mendongkrak Kunjungan Wisata ke Ambon - Pesta Teluk Ambon 2011:

NERACA - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) memberi dukungan terhadap penyelenggaraan Pesta Teluk Ambon 2011 yang digelar Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Provinsi Maluku di Tanjung Marthafons, Teluk Ambon, Maluku pada 29 September hingga 1 Oktober 2011. Penyelenggaraan Pesta Teluk Ambon ini sekaligus untuk mendukung dan mensukseskan Sail Morotai.

Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenbudpar M. Faried mengatakan, program pendukungan Pesta Teluk Ambon 2011 berupa promosi dan publikasi yang dilakukan Direktorat Promosi Pariwisata Dalam Negeri, Ditjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar dimaksudkan untuk lebih mengenalkan secara luas kegiatan tersebut sehingga obyek wisata Maluku akan lebih dikenal luas oleh wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

”Penyelenggaraan Pesta Teluk Ambon 2011 ini merupakan bagian dari Program Kenali Negerimu Cintai Negerimu (KNCN) serta mengenalkan keindahan Maluku dalam bingkai Wonderful Indonesia guna meningkatkan kunjungan wisnus dan wisman ke Indonesia, khususnya ke Ambon dan Provinsi Maluku,” kata M. Faried didampingi Kepala Dinas Budpar Provinsi Maluku, Florence Sahusilawane.

Menurut M. Faried, Pesta Teluk Ambon masuk dalam calender of event pariwisata nasional, sehingga secara kontinyu dipromosikan di berbagai kegiatan dan event pariwisata seperti Gebyar Wisata Nusantara yang digelar setiap tahun di Jakarta maupun pada kesempatan berpromosi wisata ke luar negeri. "Provinsi Maluku memiliki pesona wisata alam khususnya wisata bahari sebagai daya tarik utama, selain wisata budaya dan sejarah seperti peninggalan Benteng Belgica yang dibangun Belanda tahun 1611 dan Gong Perdamaian di jantung kota Ambon," kata M. Faried.

Kadis Budpar Provinsi Maluku Florence Sahusilawane mengatakan, kegiatan Pesta Teluk Ambon akan diisi dengan atraksi seni dan budaya, lomba pembersihan lingkungan, lomba dayung perahu tradisional, serta acara menarik lainnya seperti Arumbai Manggurebe; lomba renang menyeberang Teluk Ambon; pameran budaya dan kerajinan usaha masyarakat. "Pesta Teluk Ambon kali ini tidak hanya difokuskan di Kota Ambon, akan tetapi juga di Kabapaten Seram Bagian Barat," katanya.

Pesta Teluk Ambon 2011 akan semakin ramai, karena di Kota Ambon pada pekan pertama Oktober 2011 juga akan digelar Pertemuan Pemuda Dunia (World Assembly of Youth). Pada kesempatan itu Komite Nasional Pemuda Indoensia (KNPI) akan menggelar seminar sehari yang mengangkat tema Peranan Pemuda dalam Mengembangkan Kawasan Pariwisata dan Obyek Wisata. Seminar internasional ini akan diikuti perwakilan pemuda dari 120 negara yang menghadiri World Assembly of Youth tersebut.

Related posts