Layanan Tambahan VAS Seluler

NERACA. Merupakan sebuah kenyataan bahwa Indonesia adalah sebuah negara dengan pertumbuhan pengguna teknologi seluler yang sangat besar. Bahkan presentase kenaikan pengguna teknologi seluler tidak terpengaruh dengan kondisi-kondisi yang biasanya mengganggu pertumbuhan ekonomi. Indikasi yang dapat digunakan untuk melihat hal tersebut sangatlah mudah. Secara awam pun dapat dilihat dengan jelas kondisi berikut:

Semakin banyaknya operator-operator telepon seluler, dengan diwarnai oleh perang iklan di media, perang spanduk dan poster di jalan, mobil-mobil yang membawa nama dan kegiatan promosi lain. Semakin banyaknya kode-kode nomor telpon (mungkin angka 08 tidak akan sanggup lagi menampung jumlah nomor seluler GSM yang ada), Jumlah counter penjual pulsa yang bertambah secara terus menerus, baik yang menetap ataupun yang bergerak, yang virtual ataupun yang nyata. Pertambahan produk-produk handset telepon baru yang membanjiri pasaran. Dan masih banyak lagi fakta-fakta yang menunjukkan semakin menggilanya penggunaan telpon seluler.

Kondisi tersebut secara ekonomis menjadikan sebuah peluang usaha karena terciptanya sebuah komunitas baru yang akhirnya membentuk sebuah segmen pasar baru. Namun di sisi lain perkembangan tersebut juga menumbuhkan kekhawatiran akan adanya kebutuhan primer baru bagi masyarakat. Kekhawatiran akan semakin meningkat melihat kemampuan daya beli masyarakat yang tidak beranjak naik, tetapi kebutuhan primer terkait dengan telepon seluler semakin meningkat.

Peningkatan semakin menjadi karena selain operator dan perusahaan teknologi seluler yang berlomba-lomba memasarkan produknya, banyak perusahaan, termasuk juga operator sendiri yang memanfaatkan segmen pasar baru tersebut sebagai sebuah sumber pendapatan.

Pemanfaatan layanan tambahan dari sebuah telepon seluer dari sisi konsumen dan juga dari sisi pelaku usaha, yang mencoba memanfaatkan segmen usaha baru yang terbentuk dari pertumbuhan pengguna telepon seluler, salah satunya adalah dengan menggunakan layanan tambahan VAS.

Layanan Tambahan VAS (Value-Added Services) merupakan sebuah layanan nilai tambah untuk industri telekomunikasi non-inti layanan atau semua layanan di luar panggilan suara standar. Pada tingkat konseptual, nilai tambah layanan menawarkan layanan standar, memacu pelanggan untuk menggunakan telepon mereka lebih banyak dan memungkinkan operator untuk menaikkan ARPU (Average Revenue Per User) mereka. Untuk ponsel, sementara teknologi seperti SMS (Short Message Service), MMS (Multimedia Messaging Service) dan GPRS (General Packet Radio Service) biasanya dianggap layanan nilai tambah, perbedaan juga dapat dilakukan antara standar dan premi bermuatan konten. Layanan VAS sendiri dilakukan oleh operator seluler dan dilakukan oleh pihak ketiga.

Yang dilakukan oleh operator seluler seperti:

P2P : Person to Person SMS/MMS yaitu layanan yang diberikan kepada pemilik telepon seluler untuk mengirim/menerima pesan singkat (SMS). Merupakan layanan tambahan yang paling populer. Asesoris Tambahan: Layanan dari operator (dapat bekerjasama dengan content provider) berupa penjualan ringtone, screensaver, logo, wallpaper dan CRBT (Caller ring back tones) seperti nada sambung pribadi, i-ring dan lainnya.

Dan yang dilakukan oleh Pihak Ketiga pengelola dan berkerjasama dengan operator seluler, seperti:

Content Provider: Layanan berupa penjualan informasi-informasi seperti berita hiburan (infotainment), olah raga dan lainnya. Game: Layanan download game, on-line game dan lainnya. Quiz : Layanan quiz dengan hadiah-hadiah tertentu, biasanya bekerjasama dengan media elektronik maupun cetak. (A2P) Application to Person SMS : Layanan pengirim data SMS ke banyak pelanggan.

Sementara yang dilakukan oleh Pihak ketiga sebagai peningkatan kualitas layanan, yakni layanan ini biasanya dibangun oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen atau dari instansi kepada masyarakat, seperti:

P2A (Person to Application) SMS: Layanan permintaan data informasi rekening (PLN, PDAM dll), Layanan nilai tukar uang (oleh Bank), Layanan keluhan konsumen (perusahaan) atau keluhan masyarakat (instansi). Transaksi via SMS: layanan transaksi pembelian pulsa lewat sms. SMS Charity : layanan kemudahan dalam memberikan sumbangan sosial.

Informasi Pendidikan: Melakukan pemeriksaan nilai hasil ujian, melihat jadwal perkuliahan dan lainnya.

Related posts