Operator Telko Suport Rekening Hape

Perkuat Keuangan Inklusif

Selasa, 28/04/2015

NERACA

Jakarta - Perkuat keuangan inklusif kepada masyarakat luas, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menggandeng kerjasam dengan operator telekomunikasi yaitu PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Selular Tbk, PT Indosat Tbk, dan PT XL-Axiata Tbk. Hal ini dilakukan perseroan untuk sinergis dengan memanfaatkan jaringan yang luas yang dimiliki operator telekomunikasi.

Direktur Consumer Banking Bank Mandiri, Hery Gunardi mengatakan kerjasama Bank dengan operator telekomunikasi dengan konsep seperti ini merupakan yang pertama kali di Indonesia.,”Lewat kerjasama ini kami berharap cita-cita Indonesia untuk memberikan akses keuangan kepada seluruh masyarakat dapat tercapai,” kata Hery Gunardi di Jakarta, Senin (27/4).

Meningkatnya tingkat financial inclusion di Indonesia, lanjut Hery, tentunya memiliki pengaruh positf terhadap perekonomian Indonesia. Disebutkan, sinergi Bank Mandiri dengan operator telekomunikasi juga untuk mendukung semangat pemerintah untuk terus meningkatkan akses keuangan dan transaksi non-tunai.

Kerjasama tersebut salah satunya menggunakan konsep co-branding produk uang elektronik sehingga pemasaran dan edukasi dapat lebih efektif dan efisien. Selain itu, masing-masing pihak juga turut mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur yang dimiliki.

Pada tahap awal, kerjasama tersebut akan dilakukan di 3 kota/kabupaten di Jawa Barat yaitu Bandung, Garut dan Tasikmalaya. Peluncuran kali ini merupakan kelanjutan dari roadshow softlaunching kerjasama yang telah dilaksanakan sejak akhir bulan Maret hingga pertengahan April 2015 di ketiga kota/kabupaten tersebut.

Kata Hery, antusiasme masyarakat terhadap kerjasama ini sudah dapat dilihat pada saat roadshow softlaunching produk Rekening Hape di Bandung, Garut dan Tasikmalaya. Sampai dengan 24 April 2015, sekitar 1.500 pengguna telah terdaftar dan menggunakan produk tersebut untuk bertransaksi.

Chief Digital Service Officer XL, Yessie D. Yosetya mengemukakan, kerjasama ini selaras dengan komitmen XL untuk terus mendukung program pemerintah dalam mensosialisasikan dan mendorong peningkatan penggunaan transaksi non tunai (cash less) di pelanggan dan masyarakat,”Dengan kerjasama ini pula, XL berharap dapat ikut mendukung peningkatan Financial Inclusion di Indonesia. Pastinya kami berharap pelanggan dan juga masyarakat akan semakin diuntungkan dan dipermudah dengan adanya kerjasama ini,” kata Yessie.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Edward Ying mengatakan, sinergi perbankan dan operator merupakan upaya mendukung program pemerintah untuk mewujudkan less cash society. Langkah ini juga sesuai dengan visi Telkomsel dalam mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia,”Kami menyambut baik kerjasama yang melibatkan Bank serta ketiga operator seluler terbesar di tanah air. Telkomsel dengan lebih dari 140 juta pelanggan dan jangkauan jaringan yang tersebar hingga ke pelosok siap untuk mendukung inisiatif ini, " ujar Edward.

Menurut President Director & CEO Indosat Alexander Rusli, Indosat sangat antusias dengan kerjasama antara industri telekomunikasi dan perbankan dalam mendukung Program Keuangan Inklusif serta Gerakan Nasional Non-tunai,”Kami sendiri telah memulai dengan layanan Dompetku serta secara konsisten mengembangkan layanan ini dalam rangka komitmen mendukung agenda mobile money di Indonesia. Melalui kerjasama ini, kami berharap pelanggan selular Indosat di seluruh pelosok tanah air dapat melakukan transaksi keuangan dengan lebih mudah dan aman,"ungkap Alex.

Selain itu, kerjasama antara Bank dengan operator telekomunikasi tentunya dapat meningkatkan efisiensi dalam implementasi layanan keuangan digital. Jaringan distribusi operator telekomunikasi dapat mendukung layanan keagenan (agent banking). (bani)