Bisnis Tiga Pilar Sejahtera Masih Renyah - Raup Laba Rp 331,81 Miliar

NERACA

Jakarta – Masih tumbuhnya positifnya daya beli masyarakat mampu mengerek pertumbuhan kinerja keuangan PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) sepanjang tahun 2014 lalu. Emiten yang bergerak di sektor consumer good ini berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp331,81 miliar atau mengalami kenaikan sebanyak 6,90% dari posisi laba Rp310,39 miliar di akhir 2013. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (21/4).

Perseroan juga mengungkapkan, laba bersih per saham menjadi Rp110,61 per saham, atau naik dari posisi Rp106,08 per saham di 2013. Laba bruto menjadi Rp1,04 triliun di akhir 2014, atau naik dari posisi laba bruto sebesar Rp913,47 miliar di akhir 2013. Laba usaha menjadi Rp679,74 miliar di tahun lalu, atau naik tipis dari posisi Rp613,23 miliar di akhir 2013. Laba sebelum pajak menjadi Rp484,59 miliar di tahun lalu, atau naik tipis dari posisi Rp449,57 miliar di 2013.

Kemudian laba bersih perseroan yang meningkat itu merupakan sentimen positif dari sisi penjualan bersih perseroan di tahun lalu yang menjadi Rp5,13 triliun, dari posisi penjualan sebesar Rp4,05 triliun di 2013. Beban pokok menjadi Rp4,09 triliun di tahun lalu, atau naik dari posisi bebab Rp3,14 triliun di akhir 2013. Biaya keuangan menjadi Rp195,15 miliar di 2014, aatau naik dari posisi Rp163,66 miliar di 2013.

Adapun posisi aset AISA menjadi Rp7,37 triliun di akhir tahun lalu, atau naik dari posisi aset sebesar Rp5,02 triliun di akhir 2013. Tahun ini, PT Tiga Pilar Sejahtera Food menargetkan pendapatan sebesar Rp7,3 triliun pada 2015. Target tersebut didukung rencana perseroan membangun pabrik baru,”Tahun 2015 target pendapatan kami Rp7,3 triliun. 60% pendapatan dikontribusi dari divisi beras, atau sebesar Rp4,5 triliun dari total pendapatan,” ujar Presiden Direktur AISA, Djoko Mogoginta.

Dirinya memproyeksikan, pabrik yang akan dibangun mampu menopang pendapatan perseroan sebesar 45%. “Kami yakin dengan adanya pembangunan pabrik ini. Semestinya produksi dari pabrik baru bisa terserap ke pasar, mengingat permintaan tinggi,” jelasnya.

Djoko mengatakan, hingga 2020 perseroan menargetkan menguasai pangsa pasar sebesar 5%. Untuk itu, tahun ini perseroan berencana membangun tiga pabrik. Upaya yang sama juga akan dilakukan tahun depan. ”Kami ingin target 5% market share. Saat ini, market share kami 1,25%,” tandasnya.

Asal tahu saja, perusahaan makanan ini siap memperbesar investasi sepanjang 2015. Perseroan akan mengucurkan dana senilai Rp 1 triliun. Jumlah itu meningkat 47,9% dibandingkan belanja modal (capital expenditure/capex) perseroan tahun lalu sebanyak Rp 676 miliar. Sesuai rencana, dana berasal dari kombinasi pendanaan internal dan eksternal.

Direktur Keuangan Tiga Pilar Sjambiri Loe pernah bilang, sebagian besar dana capex akan dipakai untuk ekspansi segmen bisnis beras. Sebanyak Rp 400 – 500 miliar bakal digunakan untuk membangun pabrik penggilingan kelima dan keenam di Sumatera,”Perseroan sebelumnya membidik wilayah Jawa Timur untuk pembangunan pabrik. Namun, setelah melewati proses pengkajian, pabrik dipindahkan ke Sumatera karena akan lebih menguntungkan petani di sana,” kata Sjambiri. (bani)

BERITA TERKAIT

Bank Panin Raup Laba Bersih Rp 3.19 Triliun

NERACA Jakarta – Sepanjang tahun 2018 kemarin, PT Bank Panin Indonesia Tbk (PNBN) berhasil membukukan kinerja keuangan yang cukup memuaskan.…

LABA BERSIH BANK DANAMON TUMBUH

Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Sng Seow Wah (ketiga kiri) berfoto bersama jajaran direksi dan manajemen Bank Danamon…

URBN Bidik Rp 650,3 Miliar Private Placement

Danai pengembangan bisnisnya, PT Urban Jakarta Propertindo Tbk (URBN) berencana menerbitkan 320,366 juta lembar saham baru atau 10% dari modal…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

PPRO Berikan Kran Air Siap Minum di Semarang

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) pada lingkungan, PT PP Properti Tbk (PPRO) bersama…

Tawarkan IPO Rp 178 -198 Persaham - Interfood Bidik Kapasitas Produksi 10.600 Ton

NERACA Jakarta –Perusahaan produsen cokelat, PT Wahana Interfood Nusantara menawarkan harga penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO)…

Mandom Targetkan Penjualan Tumbuh 10%

Sepanjang tahun 2019, PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) membidik pertumbuhan penjualan sebesar 5% hingga 10%. Hal itu ditopang pertumbuhan penjualan…