BTN Resmi Luncurkan HFC

Selasa, 21/04/2015

NERACA

Jakarta - PTBank Tabungan Negara (Persero) Tbk membentuk Office of BTN Housing Finance Center (BTN HFC) sebagai pengelola pusat pembelajaran perbankan dan riset perumahan yang profesional di Indonesia. Ini dilakukan untuk mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah.Nantinya, BTN HFC ini akan mengeluarkan BTN Housing Index yang diharapkan dapat membantu pemerintah atau pengembang bahkan masyarakat terkait dengan bisnis pembiayaan perumahan.

"Kami sangat mendukung program sejuta rumah pemerintah dan sebagai pemain terbesar dalam bisnis pembiayaan perumahan di Indonesia, BTN memprakarsai terbentuknyahousing indexyang dapat dipakai sebagai salah satu pertimbangan teknis dalam pengambilan kebijakan atau keputusan bisnis menyangkut perumahan," ujar Direktur BTN, Mansyur S Nasution, di Jakarta, Senin (20/4).

Indeks yang dikeluarkan akan menyajikan indeks tentang bisnis perumahan secara nasional dan dapat dimanfaatkan untuk mengetahui potensi bisnis di bidang tersebut. Sekaligus melihat pertumbuhan harga-harga properti di daerah.Perhitungan BTN Housing Index tidak sama dengan Indeks Harga Properti Resensial Bank Indonesia. BTN Housing Index dihitung berdasarkan transaksi riil nasabah BTN.

Sementara, Harga Properti Resensial Bank Indonesia berdasarkan hargalistingpengembangan yang dijadikan responden.Selain itu, determinasi harga dalam BTN Housing Index juga mencakup primer dan sekunder, sedangkan Harga Properti Resensial Bank Indonesia hanya mencakup harga sekunder saja.

"BTN HFC saat ini sudah dapat dimanfaatkan sebagailearning centeredukasi perbankan dan pembiayaan perumahan Indonesia dengan berbagai bentuk program pelatihan seperti seminar,workshop,short courseyang bersertifikat sertaonline subsciptionsebagai portal ilmu pengetahuan. Fungsi ini sudah menghasilkan BTN Housing Index," pungkasnya.[kam]