Gubernur Jawa Barat Hadiri Retreat Pangan di Kementrian Pertanian

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan telah menghadiri Rapat Retreat Pangan di Auditorium Kantor Kementrian Pertanian di Jakarta, Senin (19/9) lalu. Acara tersebut dihadiri Menko Perekonomian, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Kehutanan, Menteri Kelautan dan Tuan Rumah Menteri Pertanian.

Menurut Heryawan, agenda utama yang dibahas pada Retreat tersebut, adalah Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) menuju surplus beras 10 juta ton. “Para gubernur diminta untuk segera menyusun roadmap P2BN dengan para Bupati/Walikota di propinsinya masing-masing,” ungkap dia.

Dalam Rapat tersebut muncul banyak usulan terkait tambahan dana untuk cadangan pangan sebesar Rp 3 triliun. Usulan tersebut datang dari 9 Gubernur dan dari Menteri Pertanian langsung. Sembilan gubernur tersebut dari wilayah sentra pangan.

“Menurut saya itu wajar dan bisa kita sinergikan,” kata Heryawan usai rapat seraya menambahkan, seluruh gubernur yang hadir, menyanggupi daerahnya masing-masing untuk menyediakan surplus beras sepuluh juta ton pada 2015 memdatang, . asalkan ada sejumlah dana tambahan danpenyelesaian masalah konversi lahan.

Menurut perkiraan peserta Retreat, dana sebesar Rp 3 triliun yang dianggarkan tahun 2011 ini dirasa kurang untuk pencapaian target 10 juta ton beras sehingga dana tambahan diusulkan.

Related posts