Industri Kini Lebih Mudah Tembus Pasar Global

Selasa, 21/04/2015

NERACA

Jakarta - Asia Tenggara dinilai sebagai pasar yang potensial untuk mengembangkan industri berbasis teknologi Internet. Dengan populasi penduduk yang besar serta didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang positif dianggap pebisnis sebagai peluang strategis untuk ekspansi dan merambah negara-negara Asean.

“Asia Tenggara punya peluang untuk berinovasi menghubungkan bisnis industri dengan global market menggunakan teknologi dan internet. Ini merupakan potensi ekonomi yang bisa mempercepat pertumbuhan kawasan menjadi yang terdepan di dunia,” ujar H. Raymond Bingham, Chairman of The Board Flextronics International di Jakarta, Senin (20/4).

Salah satu inovasi teknologi berbasis Internet, kata Bingham, antara lain teknologi sensor bagi industri yang dikembangkan oleh perusahaannya, Flextronis. Perusahaan teknologi Amerika Serikat ini memproduksi sensor yang bisa mendeteksi dan mengukur kebutuhan dan pencapaian produksi di industri kesehatan, pertanian, dan transportasi. “Saat ini sudah terjadi revolusi teknologi dan berdasarkan 200 konsumen yang kami survei, 90% menyatakan internet memberikan peluang yang strategis,” tuturnya.

Menurut dia, seluruh pelaku industri saat ini tidak bisa tidak harus memahami dan menggunakan teknologi Internet agar terhubung dengan pasar global. Fenomena digital ini berkembang pesat di Asia Tenggara dan diyakini akan semakin besar pertumbuhannya dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagai informasi pemasaran dewasa ini berbeda dengan pemasaran tradisional yang mengandalkan tatap muka sebagai yang utama. Pemasaran melalui media online menjadi model yang berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Toko online yang tidak memiliki penjualan offline kini sangat mudah ditemukan. Sebaliknya, toko dan produsen kini kian gencar menjadikan media internet sebagai ruang pertarungan bisnis menggaet konsumen.

Perkembangan media sosial memberikan implikasi cukup besar pada pemasaran. Twitter, sebagai salah satu media sosial yang cukup banyak digandrungi juga menjadi salah satu cara memaksimalkan penjualan. Konsep twitter sebagai alat pemasaran berkembang. Hal tersebut pula yang menjadi salah satu dasar bisnis model situs micorblogging ini. Twitter memanfaatkan popularitas dan jumlah pengguna untuk menggaet pembuat produk, penjual dan penyaji jasa memasarkan produk melalui jejaring media ini.

Indonesia menjadi salah stau negara dengan angka pengguna Twitter terbesar. Social Baker mencatat Indonesia sebagai negara dengan penduduk teraktif dalam penggunaan media sosial facebook dan twitter. Luasnya pengguna twitter di Indonesia merupakan peluang pemasaran online. Salah satu bentuk pemasaran yang akrab disaksikan melalui media ini adalah optimasi konten penyebarluasan konten berita. Secara tidak langsung, penyebarluasan konten laman berita pada media online mendatangkan keuntungan dengan tingginya pengunjung. Jumlah pengunjuang akan memengaruhi jumlah pendapatan perusahaan media yang mengandalkan iklan sebagai sumber penghasilan.

Twitter dengan sifatnya sebagai microblog hanya menyajikan teks secara ringkas. Implikasinya, ide harus dirangkum secara baik dan mengena jika digunakan sebagai alat pemasaran. Kedua, linimasa twitter berubah secara cepat. Hal ini akan lebih cepat terjadi pada pengguna yang mengikuti (following) pengguna lain dalam jumlah besar. Setiap pengguna memerbarui status atau berkicau, maka kicauan akan menimpa kicauan sebelumnya. Hal ini yang menyebabkan tertimbunnya informasi oleh informasi lain yang terbaru. Dengan kata lain, twitter menawarkan kecepatan bagi penggunanya.

Jumlah pengikut menentukan luasnya penyebaran konten. Semakin banyak pengikut maka semakin besar pula kemungkinan informasi yang dibagikan akan terakses oleh orang lain. Kemampuan twitter untuk memfasilitasi proses penyebarluasan informasi melalui metode retweet dapat memperbesar angka organik pembaca informasi. Inilah keuntungan dari kepemilikan pengikut yang banyak di twitter.

Meski demikian, ada baiknya pengikut yang dimiliki bersifat organik atau sukarela. Lebih baik memulai pemasaran dari orang-orang yang terhubung atau dikenal terlebih dahulu. Secara persuasif, deati mereka dan mintalah untuk menjadi follower. Ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan pilihan membeli follower, apalagi menggunakan layanan tambah follower gratis yang ditawarkan oleh web tertentu.

Follower yang dibeli umumnya adalah akun palsu yang dibuat oleh penyedia jasa tambah follower. Jika menambah follower gratis dengan menggunakan layanan website tertentu, umumnya follower akan berasal dari orang yang menggunakan cara serupa. Saat mereka menggunakan aplikasi penambah follower dalam website tertentu, mereka akan memberikan izin akses kepada aplikasi untuk bertindak atas nama pemilik. Celah ini lah yang dimanfaatkan para pedagang follower. Ada baiknya secara berkala periksa aplikasi yang diizinikan pada akun twitter anda. Bisa saja Anda secara tidak sengaja mengaitkan akun twitter dengan aplikasi tertentu.

Penambahan jumlah follower sangat tergantung pada nilai manfaat informasi yang disebarkan secara berkala. Saat pengguna twitter merasakan bahwa akun tertentu bermanfaat, besar kemungkinan pengguna tersebut akan mengikuti. Semakin informatif suatu akun, maka semakin besar pula kemungkinan diikuti oleh akun lain.