Indosat Rilis Layanan Internet Tanpa Pulsa

Senin, 20/04/2015

Masih terbatasnya akses masyarakat terhadap internet, menjadi perhatian PT Indosat Tbk (ISAT). Maka menjawab ketimpangan tersebut, perusahaan telekomunikasi ini menggaet pengguna baru dengan fasilitas internet gratis lewat jejaring internet.org yang merupakan kerja sama dengan Facebook,”Dengan internet.org kita memperkenalkan internet pada masyarakat yang belum terliterasi internet, setelah kenal mereka akan membeli paket data internet sesuai kebutuhan," kata Presiden Direktur dan CEO Indosat Alexander Rusli di Jakarta, kemarin.

Alex bilang, pengguna yang disasar Indosat adalah masyarakat di pinggiran kota dan di daerah pinggiran yang akses internetnya masih sulit. Dia mengatakan, internet.org ini dapat diakses dengan cepat melalui telepon genggam yang memiliki jaringan data 2G. Sekitar 70% telepon genggam itu digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Menurut dia, pelanggan yang telah "melek" internet tidak akan menggunakan program ini karena kontennya yang sederhana,”Kalau orang sudah biasa menggunakan paket data, tidak akan mengakses internet lewat jaringan ini, karena buat melihat foto juga tidak bisa apalagi buat membuka aplikasi yang tidak ada dalam jaringan ini," kata Alexander.

Pihaknya melakukan kerja sama dengan media sosial itu selama dua tahun. Kemudian untuk melihat seberapa berhasil program tersebut, mereka akan mengevaluasi program tersebut pada kuartal kedua atau ketiga.

Sementara itu, situs-situs yang bekerjasama dengan layanan internet gratis ini adalah ask.com, wikipedia, merdeka.com, kapanlagi.com, kelase, accuweather, attoad, jobstreet, OXL, Tokopedia, BabyCenter, MAMA, Girl Effect, UNICEF Facts for Line dan Facebook.

Nantinya, pelanggan dapat mengakses layanan melalui www.internet.org atau dengan mengunduh (download) aplikasi internet.org dari playstore Android. Layanan tersebut juga tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. (bani)