Indonesia Jadi Pasar MICE Penting Bagi Thailand

Jumat, 17/04/2015

NERACA

Jakarta – Thailand Convention and Exhibition Bureau (Public Organization) atau TCEB sangat optimis dengan perkembangan ekonomi antara Thailand dan Indonesia. Berdasarkan laporan Biro Pusat Statistik Indonesia[2], neraca perdagangan ekspor – impor antara Thailand dan Indonesia pada tahun 2014 mencapai US$ 15.611 juta. TCEB juga mengumumkan bahwa Indonesia merupakan salah satu 10 besar negara penyumbang pasar MICE Thailand. Jumlah pengunjung Indonesia yang datang ke Thailand dengan tujuan MICE pada tahun 2014 mencapai 33.325 orang dan menghasilkan revenue sebesar US$ 97,64 juta. Hal ini mencerminkan hubungan antara Thailand dan Indonesia yang semakin kokoh.

“Sehubungan dengan hal ini, TCEB menyelenggarakan serangkaian kampanye internasional baru untuk industri MICE dan mensosialisasikan inisiatif tersebut ke seluruh dunia internasional, termasuk ke Indonesia,” demikian dikutip dari keterangan resmi Cognito Communications Counsellors, Kamis (16/4).

Kampanye baru tersebut mencerminkan strategi Thailand untuk meningkatkan kepercayaan dunia internasional terhadap industri MICE dan mendorongnya menempati posisi puncak dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Strategi ini termasuk Thailand MICE United II yang merupakan sebuah kampanye strategis melalui kemitraan dengan sembilan organisasi publik dan swasta, yang merupakan bagian dari inisiatif TCEB yang terintegrasi Thailand CONNECT The World. TCEB mulai kegiatan pertama terkait Thailand MICE United II melalui kerja sama dengan TrueMove H dan BTS Skytrain untuk memperkenalkan Thailand CONNECT Welcome Package untuk menarik pengunjung MICE memperoleh pengalaman industri MICE Thailand dan memperkokoh posisi kepemimpinan Thailand sebagai destinasi MICE pilihan di Asia.

Nopparat Maythaveekulchai, president Thailand Convention and Exhibition Bureau (Public Organization) atau TCEB, mengatakan, “Untuk mencapai tujuan kami meningkatkan jumlah pengunjung internasional sebesar lima persen dan pendapatan sebesar 10 persen pada tahun 2015, TCEB telah melakukan serangkaian kampanye terintegrasi yang berfokus kepada pasar MICE berkualitas tinggi, mendorong pertumbuhan berkelanjutan untuk sektor MICE Thailand dan memposisikan Thailand sebagai destinasi MICE berkualitas tinggi pilihan atau “Top of Mind” di Asia.

Elemen pertama dalam strategi tersebut adalah kampanye Thailand MICE United II, fase kedua dari kampanye yang telah sukses dilakukan pada tahun 2014 untuk memperkokoh reputasi Thailand yang positif dan meningkatkan kepercayaan para komunitas pebisnis internasional. Dengan anggota pendiri utama seperti Kementerian Luar Negeri, Tourism Authority of Thailand, Thai Airways International PLC, Ratchaprasong Square Trade Association dan TCEB, kampanye ini memperoleh sambutan positif oleh target audience melalui serangkaian kegiatan termasuk kunjungan media-media internasional ke Thailand dan road show Thailand MICE.

Dalam Thailand MICE United II, TCEB telah meningkatkan kerangka kerja sama, memperkenalkan mitra-mitra baru di dalam dan di luar industri MICE untuk memperkokoh posisi kepemimpinan Thailand dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Hingga saat ini, TCEB telah bermitra dengan sembilan organisasi publik dan swasta, termasuk Kementerian Luar Negeri, Tourism Authority of Thailand, Thai Airways International PLC, Ratchaprasong Square Trade Association, Bangkok Riverside Marketing Partnership, Thailand Incentive and Convention Association, Thai Exhibition Association, True Corporation PLC, dan Bangkok Mass Transit System PLC.

Nopparat Maythaveekulchai menambahkan, “Thailand MICE United II menerapkan strategi pendekatan 4P TCEB melalui public-private-people partnership dengan para pemangku kepentingan untuk mendorong kemitraan dengan Thailand CONNECT the World.”

“TCEB telah memulai kegiatan pertama kampanye tersebut dengan meluncurkan Thailand CONNECT Welcome Package yang bekerja sama dengan True Corporation PLC dan Bangkok Mass Transit System PLC. Inisiatif ini bertujuan untuk menarik para penyelenggara/organiser dan pengunjung internasional MICE agar memanfaatkan berbagai acara MICE di Thailand. Penjualan dan strategi pemasaran ini diyakini akan meningkatkan jumlah pengunjung maupun uang yang dibelanjakan per orang sekaligus memberi kesempatan untuk menikmati keramahan Thailand. Sesuai dengan pesan Thailand menghubungkan bisnis Asia, paket ini terdiri dari edisi khusus Thailand CONNECT BTS Connect SmartPass dan satu jam WiFi gratis selama satu jam dari TrueMove H, yang menyediakan lebih dari 100.000 True WiFi hotspot di seluruh sudut Thailand.”

Saat ini TCEB telah mengembangkan total 15.000 Thailand CONNECT Welcome Package, dimana 12.000 diantaranya akan digunakan untuk mendukung pemasaran internasional untuk pertemuan korporasi, perjalanan insentif, konvensi dan pameran internasional serta mempromosikan dukungan TCEB melalui Thailand Incentive and Convention Association dan Thai Exhibition Association. Sedangkan 3.000 sisanya akan didistribusikan untuk tujuan kehumasan kepada pers di seluruh Asia, Eropa dan Amerika Serikat.