Kontribusi Panasonic Dalam Pengembangan SDM

Selain bisa mengenyam sistem pendidikan berbeda, belajar di luar negeri juga cukup prestisius. Pasalnya, kini banyak perusahaan yang melirik lulusan luar negeri untuk bekerja di tempat mereka.

Salah satu negara favorit yang menjadi tujuan pelajar Indonesia melanjutkan studinya di luar negri adalah Jepang. Ya, sebagai negara yang dikenal dengan budayanya yang masih sangat terjaga keasliannya, negeri Sakura ini memiliki sistem pendidikan yang sangat berkualitas.

Tak ayal, agar mendapatkan akses kesana, para pelajar ramai – ramai memanfaatkan beasiswa yang bukan hanya difasilitasi oleh pemerintah, tetapi juga beasiswa yang difasilitasi oleh para perusahaan yang berkomitmen memajukan dunia pendidikan. Seperti Panasonic Scholarship misalnya.

Program yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1998 dalam perayaan 80 tahun Panasonic Corporation di Jepang ini ditujukan untuk memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa terbaik di kawasan Asia untuk pendidikan tinggi terutama program pasca sarjana di univeristas di Jepang.

Di Indonesia, sejak tahun 1999 Kelompok Panasonic Scholarship Indonesia telah menyerahkan bantuan beasiswa kepada 47 lulusan S1 terbaik dari berbagai universitas di Indonesiauntuk menyelesaikanprogram paska sarjana (S2) di universitas terbaik di Jepang.

Presiden Direktur Panasonic Manufacturing Indonesia, Ichiro Suganuma menuturkan,Panasonic sangat berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia untuk menciptakan kehidupan dan dunia yang lebih baik melalui dunia pendidikan.

"Kami berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia untuk menciptakan kehidupan dan dunia yang lebih baik melalui dunia pendidikan. Kami berharap melalui program Panasonic Scholarship Student 2014/2015 dapat melahirkan generasi yang bertalenta tinggi serta berdedikasi terhadap masyarakat,” kata Ichiro saat acara tahunan bertajuk "Panasonic Scholarship Awarding Ceremony 2014/2015" beberapa waktu lalu.

Mulai tahun 2014, Panasonic Scholarship Corporation mengubah kebijakan untuk memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang belajar di universitas-universitas di Indonesia. Pada khususnya program beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa maupun mahasiswi sarjana dan pasca sarjana yang sedang dalam tingkat program akhir mereka di universitas-universitas di Indonesia.

Dalam program "Panasonic Scholarship 2014/2015" tahun ini, Panasonic memberikan beasiswa bagi mahasiswa Strata Satu (S1) sebesar Rp 15 juta per semester. Sedangkan, bagi mahasiswa tingkat Strata Dua (S2) sebesar Rp 25 juta per semester.

Program ini diharapkan bisa memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk meraih pendidikan tingkat lanjut berupa bantuan keuangan sehingga memotivasi mereka menjadi individu-individu yang sangat terampil serta siap berkontribusi bagi masyarakat dan negara.

BERITA TERKAIT

Optimalkan Program CSR - Holcim Libatkan Masyarakat Dalam Rumuskan Program

Sejatinya progam tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) harus berjalan berkesinambungan dan berkelanjutan dalam membangun dan memberdayakan…

Pusat Kompetensi SDM Industri Kakao di Batang Pacu Hilirisasi

NERACA Jakarta – Pemerintah terus mendorong pengembangan hilirisasi di sektor industri untuk meningkatkan nilai tambah bahan baku di dalam negeri.…

Targetkan 4,7 Juta Sambungan - PGN Siapkan Proposal Pengembangan Jargas

NERACA Jakarta - Pemerintah telah menerbitkan beleid Peraturan Presiden No.6/2019 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas bumi melalui Jaringan Transmisi dan/atau Distribusi…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Peran Ibu Tak Akan Tergantikan dengan Teknologi

    Peranan ibu dalam mendidik anak tidak dapat digantikan oleh kemajuan teknologi seperti pada era digital saat ini, kata…

Pendidikan untuk Si Kecil di Era Teknologi

      Pada era millenial seperti saat ini, teknologi digital menjadi realitas zaman yang tidak dapat dihindari. Seiring perkembangan…

Mengapa Anak Usia 7 Tahun Ideal Masuk SD

    Selain kemampuan intelektual, kesiapan mental anak juga harus dipertimbangkan dalam aktivitas kegiatan belajar di jenjang pendidikan Sekolah Dasar…