Penjualan Mobil Baru Makin Lesu

Kalah Saing dengan Mobil Bekas

Sabtu, 18/04/2015

Trend mobil baru yang terus diluncurkan para produsen mobil di Indonesia tak membuat penjualan mobil baru terdongkrak, dilain sisi penjualan mobil bekas yang mengalami peningkatan pada awal tahun 2015.

NERACA

Pengelola Bursa Mobil WTC Mangga Dua, bursa mobil bekas terbesar di Indonesia, di Jakarta Rabu mengungkapkan bahwa penjualan sebulan terakhir (Maret) justru naik tajam atau sedang kencang-kencangnya.

"Kalau mobil baru kan otomatis mengikuti fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Sebaliknya, mobilsecondcenderung stabil. Bahkan harganya terus turun mengikuti tahun," kata Senior Manager WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, kepada wartawan di sela acara "BCA Finance Auto Vaganza".

Gaikindo mencatat, total penjualan mobil nasionalwholesalehanya mencapai 282.569 unit atau turun 14 persen dibandingkan realisasi 2014 sebesar 328.500 unit. Sedangkan penjualan ritel juga melorot 15 persen menjadi tinggal 257.830 unit dari sebelumnya 303.776 unit.

Menurut Herjanto, imbas melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang dirasakan para pebisnis mobil baru, justru membawa berkah bagi pebisnis mobil bekas. Sebagian konsumen yang awalnya berencana membeli mobil baru justru berbalik memilih mobilsecondyang harganya stabil.

Menurut Herjanto, banyaknya lembaga pembiayaan atauleasingyang kini mulai melirik sektor pembiayaan mobilsecondjuga menjadi faktor penunjang pertumbuhan bisnis mobilsecond.

"Salah satunya seperti yang ditawarkan oleh BCA Finance. Di mana saat ini konsumen mobilsecondjuga bisa menikmati fasilitas kredit yang sama seperti yang selama ini didapatkan konsumen mobil baru," ujarnya.

Berdasarkan data Bursa Mobil WTC Mangga Dua hingga 31 Maret 2015, total penjualan mobilsecondtelah mencapai 7.500 unit, naik signifikan dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 7.000 unit.

Herjanto memperkirakan, angka penjualan mobilsecondpada triwulan kedua 2015 akan terus tumbuh signifikan, terlebih menjelang perayaan Idul Fitri, yang berdasarkan pengalaman selalu naik setiap tahunnya.

"Para pedagang di daerah biasanya sudah mulaimenyetok(menyediakan) mobil untuk kebutuhan jelang Lebaran dari sekarang. Saya prediksikan bakal kenaikan permintaan mencapai 30 – 40 persen dibandingan waktu normal," tandasnya.

Dalam program BCA Finance Auto Vaganza yang pengundiannya dilaksanakan hari ini, Bursa Mobil WTC Mangga Dua bersama perusahaan pembiayaan BCA Finance menyediakan hadiah tiga unit mobil Karimun Wagon R Tipe GA kepada para pemenangnya.

“Tiap tahun kami selalu membuat kejuta. Apabila program beli mobil dapat mobil sebelumnya berhadiah 1 unit saja, kali ini kami memberikan 3 mobil bagi konsumen yang beruntung,” katanya.

Sebelumnya, kata KA Wibowo, dalam program serupa tahun-tahun lalu BCA Finance dan Bursa Mobil WTC Mangga Dua juga sudah memberikan hadiah mobil, emas, hingga pelunasan sisa kredit. Dan, pada tahun ini merupakan program pengundian yang ke-6 kalinya.

Program ini berlangsung mulai dari 1 Juli 2014 sampai dengan 28 Februari 2015. Syaratnya cukup mudah, untuk setiap pembilian mobil bekas di WTC Mangga Dua dan kredit melalui BCA Finance dan menggunakan asuransi dari BCA Insurance, konsumen berhak mendapat 1 point undian.

"Oh ya, khusus bagi konsumen yang mengunakan program Fix & Cap 5 tahun dari BCA Finance, point yang didapat di kali 5, jadi kesempatan menang nya juga 5 kali lebih besar," jelas KA Wibowo.