Mandiri Sediakan Pembayaran Online

Seleksi Bersama Masuk PTN

Rabu, 15/04/2015

NERACA

Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyediakan layanan sistem pembayaran online untuk mendukung pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2015. Melalui layanan tersebut, Bank Mandiri akan menerima pembayaran pendaftaran calon peserta SBMPTN yang diikuti oleh 77 PTN di seluruh Indonesia.

DirekturConsumer BankingBank Mandiri, Hery Gunardi mengatakan, pihaknya telah mengembangkan sistem teknologi informasidan memperluas channel pembayaranuntuk mempermudah pendaftaran SBMPTN, sehingga calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus atau panitia lokal untuk mengisi formulir pendaftaran dan melakukan pembayaran.

“Calon mahasiswa maupun orang tua dapat mengakses website SBMPTN untuk mendaftar dimana saja melalui jaringan internet. Pembayaran pun dapat dilakukan secaraonlinedi seluruh jaringan Bank Mandiri seperti ATM, Internet Banking, SMS Banking, dan cabang-cabang yang ada di seluruh Indonesia sehingga tidak perlu antri panjang di loket pembayaran.Di tahun ini Bank Mandiritetap mempertahankan jaringan ATM Bersamasebagai salah satu channel pembayaran,” kataHery di Jakarta, Selasa (14/4).

Bank Mandiri, lanjut Hery, terus berkomitmen untuk mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia, termasuk penyediaan layanan perbankan untuk meningkatkan efisiensi pendaftaran SBMPTN. Selain akan menerima biaya pendaftaran seluruh calon peserta SBMPTN 2015, Bank Mandiri juga membantu sosialisasi SBMPTN yang salah satunya melalui pencetakan buku panduan informasi awal SBMPTN bagi sekolah-sekolah setingkat SMA/MA/SMK seluruh Indonesia dan kegiatan sosialisasi lainnya di daerah.

Sementara MenteriRistek dan Dikti, M Nasir mengemukakan, pendaftaran sekaligus pembayaran yang dapat dilakukan secara online merupakan salah satu upaya kementerian dalam meningkatkan efisiensi dan memberi kemudahan kepada seluruh calon mahasiswa untuk mendaftar SBMPTN.

“Dukungan dari berbagai stakeholder sepertiPerbankan danTelkom akan sangat membantu pemerintah dalam menyediakan akses yang mudah dan terjangkau bagi calon mahasiswa di berbagai wilayah di Indonesia untuk mendaftar. Harapannya, seluruh calon mahasiswa yang potensial dapat ikut SBMPTN tanpa mengalami kesulitan karena berada di wilayah yang terpencil,” ungkap Nasir. [ardi]