Teralis, Si Cantik Pengaman Rumah

Mempercantik hunian bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya dengan pemilihan aksesoris hunian yang tepat. Teralis menjadi salah satu aksesoris yang cukup penting saat ini, tingkat kriminilitas yang begitu tinggi menjadi salah satu alasannya. Meski begitu, pemilihan teralis bukan menjadi sesuatu yang biasa saja dan terkesan pasrah dengan model-model atau desain yang ada. Agar tidak merusak keindahan rumah, pemilihannya pun harus kita perhatikan dengan baik.

Meski Negara kita memiliki keamanan yang cukup baik, namun menjaga keamanan memang menjadi tanggung jawab bersama. Ancaman pun tidak hanya ada ketika kita berada di luar hunian saja, tetapi di dalam hunian pun ancaman selalu ada. Kejahatan bisa saja masuk kedalam hunian seseorang. Walaupun kita telah memiliki jasa keamanan, namun memang tidak ada salahnya bila kita memberikan keamanan ganda dengan memasang teralis pada jendela atau pintu kita.

Karena itu, hunian tempat kita bersitirahat haruslah memiliki faktor kenyamanan dan keamanan, salah satunya dengan memasang teralis, teralis sendiri menjadi salah satu pelindungan ganda pada jendela hunian kita, namun tidak hanya itu saja, selain menjaga keamana hunian kita, teralis pun dapat mempercantik dan memperindah hunian kita.

Mungkin, awalnya niat seseorang memasang teralis adalah untuk keamanan hunian, yaitu untuk mencegah tindakan kriminal berupa kejahatan pencurian. Tetapi, sekarang tak seperti itu lagi, sesuai perkembangan zaman fungsi teralis pun beralih, sekarang telah menjadi salah satu sarana seni menghias jendela atau pintu. Atau dengan kata lain untuk mempercantik hunian.

Untuk alasan inilah kerapian, kekuatan dan keindahan menjadi prioritas pra pengrajin teralis. Mereka kini selain mengedepankan faktor keamanan juga tak melupakan faktor keindahan untuk diaplikasikan pada sebuah hunian. Bahan dasarnya pun bermacam-macam, ada yang berbahan dasar alumunium, besi dan baja.

Pada Teralis berbahan dasar besi paling diminati, biasanya teralis dengan bahan dasar besi ini memiliki motif klasik, diantaranya berupa motif belah ketupat yang berjajar, atau bulat berjajar. Atau jika Anda menginginkan model lainnya, tinggal komunikasikan saja dengan pengrajin teralis yang Anda kenal.

Selain besi, teralis juga ada yang berbahan dasar alumunium. Modelnya pun tak kalah unik, namun mengingat fungsinya sebagai pengaman, teralis alumunium mudah untuk rusak, dengan gergaji besi saja, orang jahat mampu merusak sistem keamanan yang kita miliki. Karena, sifat bahan alumunium yang lunak sehingga dengan mudah dapat dirusak.

Kalau mau yang lebih menjamin keamanan, gunakan teralis dari baja. Teralis baja, sangat baik untuk pengamanan hunian. Untuk itu, jika melakukan perbaikan hunian dan Anda belum punya, tak ada salahnya menambahkan teralis baja ini.

Karena selain lebih kuat dibandingkan dua bahan yang telah disebutkan tadi, baja juga tahan karat. Meskipun dari segi harga lebih mahal. Wajar saja, karena faktor kekuatannya, maka teralis baja juga dapat digunakan tidak hanya untuk jendela dan juga untuk pintu. Bahkan, dapat digunakan untuk teralis atap hunian di ruangan terbuka.

Berbicara mengenai perawatan, perawatan teralis cukup mudah, khusus untuk teralis besi Anda hanya perlu mengecat dengan cat khusus untuk besi saja. Tujuannya untuk menghindari terjadinya erosi yang mengakibatkan karat dan kemudian akan merusak teralis itu sendiri.

Selain itu, hindari penggunaan lap basah karena juga bisa menimbulkan erosi. Jika mempunyai pembantu hunian tangga di hunian, biasanya di antara mereka mungkin ada yang paham masalah ini, khususnya kalau pembantu hunian tangga yang Anda miliki berasal dari yayasan penyedia jasa pembantu, karena sebelumnya mereka telah dibekali pendidikan.

BERITA TERKAIT

Rumah Zakat Luncurkan Gerakan Gelombang Wakaf - Tumbuhkan Minat Berwakaf

    NERACA   Jakarta - Rumah Zakat meluncurkan Gerakan Gelombang Wakaf. CEO Rumah Zakat Nur Efendi mengatakan bahwa gerakan…

Menteri LHK Resmikan IPAL Komunal Wetland-Biocord - Atasi Pencemaran Limbah Rumah Tangga dengan IPAL Komunal

Menteri LHK Resmikan IPAL Komunal Wetland-Biocord Atasi Pencemaran Limbah Rumah Tangga dengan IPAL Komunal NERACA Karawang - Menteri Lingkungan Hidup…

Pembangunan Rumah Murah Juga Tanggung Jawab Swasta

Pembangunan Rumah Murah Juga Tanggung Jawab Swasta NERACA Jakarta - Anggota Komisi V DPR Yoseph Umarhadi menyatakan, pembangunan rumah murah…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Perlu Memadukan

Perlu Memadukan "Land Banking" Dengan Skema ABCG NERACA Semarang - Pakar perumahan Asnawi Manaf memandang perlu memadukan program "Land Banking"…

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District - Kontrak Senilai Rp2 Triliun

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District Kontrak Senilai Rp2 Triliun NERACA Jakarta - Salah satu proyek properti multi fungsi…

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District - Kontrak Senilai Rp2 Triliun

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District Kontrak Senilai Rp2 Triliun NERACA Jakarta - Salah satu proyek properti multi fungsi…