Dua Perusahaan Iklan Digital Gelar Kolaborasi

Punya Target Pimpin Pasar

Selasa, 14/04/2015

NERACA

Jakarta – Pada awal Maret 2015 lalu perusahaan mobile media terkemuka Korea, Yello Mobile, telah mengakuisisi Adplus sebuah perusahaan advertising network Indonesia. Tepatnya pada 20 Maret 2015 di Jakarta, kedua perusahaan tersebut telah menandatangani perjanjian kerjasama yang diwakili oleh Yazid Faizin dan Pandu Wirawan selakuCo Founder dan CEO Adplus, serta David Choi selaku CEO Yello Digital Marketing.

Kini, giliran Wisebirds salah satu anak perusahaan milik Yello Mobile bersinergi dengan Adplus untuk menjadi market leader dan memberi warna baru dalam dunia digital advertising. Kerjasama Wisebirds dan Adplus ini diresmikan dalam Press Conferenceyang diselenggarakan pada 26 Maret 2015 di Jakarta. Hal itu ditegaskan dalam keterangan resmi yang sampai ke redaksi Neraca, Senin (13/4).

Wisebirds berdiri sebagai sebagai salah satu dari Facebook Marketing Partneryangmemiliki platform iklan sosial media sendiri bernama Adwitt, yangdigunakan untukmengoptimalkan kampanye dan iklan di Facebook. Wisebirds sendiri telah lama bekerjasama dengan Facebook dan telah menjadipartner periklanan terpercaya Facebooknomor satu di Korea.

Saat ini, Facebook menjadi channel yang paling sering dipilih untuk beriklan. Di tengah dunia digital advertisingyang sedang berkembang pesat, Facebook menjadi platform sosial mediayang paling diminati bagi para pelaku marketing dalam mempromosikan produknya. Di Indonesia sendiri, terdapat lebih dari 60 juta pengguna Facebook dan menjadikan Indonesia berada pada peringkat ke-4 pengguna facebook terbesar di dunia.

Sementara berdasarkan riset eMarketer terdapat lebih dari 90% pengguna mengakses facebook melalui mobile phonesetiap bulannya. Lebih tinggi dibandingkan dengan US yang mencapai 79,1% dan India yang mencapai 82,9%. Diperkirakan akan meningkat setidaknya 50% pada 2018.Hal tersebut memberikan selling pointbagi Facebook di kalangan pelaku marketing untuk beriklan/berpromosi.

Selling point lain yang dimiliki Facebook adalah kesempatan untuk membangun hubungan dan interaksi dengan user yang tidak terbatas jumlahnya. Facebook mampu memberikan kemudahan menyebarkaninformasi dan kemampuan untuk menarik target market sertamengaksesnya secara masal, sehingga dapat membantu menciptakan awareness terhadap suatu kampanye, iklan atau produk dengan tepat dan cepat.

Dengan keunggulan yang dimiliki Facebook dan digabungkan dengan platform Adwittmilik Wisebirds, mampu memberikan solusi dalam mengoptimalkan aktivitas periklanan di sosial media. Kerjasama yang dimiliki oleh Wisebirds dengan Facebook memberikan manfaat tersendiri bagi para pelaku marketing.

“Sebagai platform marketing Facebook, Adwitt memiliki banyak keunggulan dalam menjalankan kegiatan periklanan dari awal hingga akhir.Mulai dari riset, rekomendasi dan analisa target market secara detail dan luas untuk efektifitas kampanye, sistem yang membantu mengatur efektifitas iklan, serta fleksibilitas pengaturan jangka waktu iklan. Singkatnya, Adwitt membantu para pelaku marketing untuk menemukan dan menggapai target baru, dan memanfaatkan media Facebook dengan cara yang efektif dengan mengesampingkan hal-hal kompleks yang tidak diperlukan dalam sebuah kampanye. Serta manfaat yang paling penting adalah dapat memberikan hasil report dan analisa yang sangat lengkap, yang dapat digunakan dalam membantu mengambil keputusan kampanye, kapanpun dibutuhkan,” jelas Jun Youl Shin, Strategic Planning Director Wisebirds.

Di Indonesia, dengan total populasi Indonesia yang mencapai 200 juta lebih, saat ini jumlah pengguna internet dan sosial media telah mencapai lebih dari 70 juta. Pertumbuhan pengguna sosial media yang pesat dan adaptasi cepat masyarakat pada teknologi, menjadikan Indonesia penyedia potongan kue yang besar dalam bisnisdigital advertising.Volume pasar digital yang besar ini, memberikan kesempatan luas bagi Wisebirds dan Adplus sebagai sepasang pioner untuk berkembang di dunia tersebut.

Yazid Faidzin, selaku co-founder dan CEO Adplus, menjelaskan bahwa Wisebirds sebagai pioner dibisnis digital advertisingdapat memberikan banyak manfaat dan wacana baru dalam memajukan duniadigital advertisingdi Indonesia, khususnya dengan platform Adwitt yang mereka kembangkan sendiri. “Produk dan proses kerja yang mereka lakukan sangat menarik. Kerjasama ini menjadi kesempatan yang ideal bagi kami untuk berkolaborasidalam mengembangkan network dan bisnisdigital advertising, khususnya melalui Facebook. Tidak hanya di Indonesia, namun hingga Asia”.