Bank Dunia Paparkan 3 Strategi Atasi Kemiskinan

Kamis, 09/04/2015

NERACA

Jakarta - Bank Dunia menyatakan terdapat tiga strategi yang digunakan oleh lembaga keuangan multilateral tersebut dalam mengatasi kemiskinan ekstrem yang menerpa banyak masyarakat di berbagai belahan dunia pada saat ini.

Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kimmemaparkan, strategi tersebut adalah pertumbuhan ekonomi, peningkatan investasi, serta memastikan seluruh masyarakat terlindungi jaringan pengaman sosial.

Dia berpendapat, perekonomian dunia butuh untuk tumbuh lebih cepat dan berkembang dengan lebih berkelanjutan, serta memastikan kaum miskin menerima porsi terbesar dari manfaat pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Kita dapat menghentikan kemiskinan ekstrem hanya jika kita menggerakkan pertumbuhan ekonomi ke arah pertumbuhan yang lebih kokoh dan inklusif yang belum pernah ada dalam masa modern ini," kata Jim Yong Kim, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (8/4).

Selain itu, ujar dia, berdekade-dekade pengalaman telah mengajarkan pertumbuhan ekonomi adalah penggerak utama dari meningkatnya pendapatan pribadi serta untuk mengurangi kemiskinan.Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, lanjutnya, membutuhkan stabilitas makroekonomi dalam bentuk inflasi rendah, mengelola tingkat utang serta tingkat kurs yang reliabel. [agus]