Transmigrasi Harus Munculkan Sentra Industri Baru

Kamis, 09/04/2015

NERACA

Jakarta -Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, transmigrasi harus memunculkan sentra industri baru."Transmigrasi diharapkan mampu memunculkan sentra-sentra industri baru untuk meningkatkan hasil pertanian sehingga menjadi penopang ekonomi masyarakat desa," kata dia di Jakarta, Rabu (8/4).

Menurut Marwan, program Transmigrasi selama ini telah banyak mendorong program ketahanan pangan nasional. "Karena banyak para transmigran, yang bekerja di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan," imbuh dia.Selain penyediaan lahan dan menyiapkan transmigran yang mempunyai keahlian di sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan, pemerintah juga akan menyediakan subsidi pupuk dan benih kepada petani.

"Skema hitung-hitungannya sudah ada semua, tinggal bagaimana kita mendongkrak dan mendorong para petani kita untuk meningkatkan produktifitasnya," jelasnya.Dengan adanya pupuk dan benih yang disubsidi, Marwan mengingatkan agar jangan sampai lahan pertanian menjadi berkurang dan mengurangi produktivitas pertanian.

"Jangan sampai lahan berkurang, dan produktivitas petani menurun," tambahnya.Marwan yakin program transmigrasi bisa mendorong ketahanan pangan nasional sekaligus menciptakan poros maritim yang selama ini dicita-citakan oleh Presiden Joko Widodo. [ardi]