CIMB Niaga Berinovasi dari Hati

Bandung, Jawa Barat

Kamis, 02/04/2015

NERACA

Bandung - Dalam hitungan beberapa bulan ke depan, tepatnya 26 September 2015, PT Bank CIMB Niaga Tbk akan memasuki usianya yang ke-60. Sebuah perjalanan dan pengalaman dalam mengembangkan bisnis perbankan di Tanah Air dalam lingkungan usaha yang dinamis dan penuh liku.

Dukungan dan dedikasi seluruh jajaran di CIMB Niaga yang penuh integritas, profesionalisme, serta mengedepankan prinsip kehati-hatian untuk mempersembahkan kualitas dan nilai tambah bagi stakeholder, merupakan cerminan dari nilai-nilai yang kuat dari para pendiri dan pengelolanya. Modal berharga ini akan terus menjadi kunci utama dalam perjalanan CIMB Niaga ke depan.

“Sebagai salah satu bank swasta papan atas di Tanah Air, kami terus berkomitmen untuk berperan dalam kancah perbankan nasional. Upaya ini kami wujudkan melalui pengembangan produk-produk dan jasa perbankan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia usaha. Kemajuan teknologi informasi secara efisien dan efektif terus kami manfaatkan untuk pengembangan usaha CIMB Niaga, serta mendukung inisiatif keuangan inklusif Bank Indonesia dalam menyediakan kemudahan layanan perbankan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” demikian dikatakan Direktur Strategy & Finance CIMB Niaga, Wan Razly saat media gathering dengan sejumlah awak media di Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/4).

Wan Razly menjelaskan, saat ini CIMB Niaga merupakan bank terbesar kelima di Indonesia dalam hal aset yang berjumlah Rp233,2 triliun per 31 Desember 2014. CIMB Niaga juga mencatatkan dirinya sebagai bank terbesar kelima dari sisi kredit, dana pihak ketiga (DPK), kantor cabang maupun jumlah ATM.

Pencapaian tersebut, lanjut Wan Razly, tak lepas dari konsistensi CIMB Niaga untuk melihat peluang dan potensi yang ada. Salah satunya, ditunjukkan dengan terus melakukan inovasi. Menurutnya, di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, CIMB Niaga harus terus mengedepankan pendekatan customer centricity untuk memantapkan posisinya dalam industri perbankan Tanah Air. Oleh karenanya, CIMB Niaga telah memperkenalkan brand positioning ‘Inovasi dari Hati’.

“Kamiselalu menempatkan nasabah baik internal dan eksternal dalam hati maupun pikiran kami, sehingga dapat memberikan solusi tepat guna berupa produk, layanan, dan proses yang lebih baik melalui inovasi,” ujar Wan Razly.

Hasil inovasi yang telah dilakukan setidaknya tercermin dalam tiga hal yang menjadi tonggak sejarah perjalanan 60 tahun CIMB Niaga, yakni bank pertama di Indonesia yang menawarkan ATM (1987), bank pertama di Indonesia yang memberikan nasabahnya layanan perbankan secara online (1991), dan bank pertama di Asia yang meluncurkan rekening bank di dalam hand phone, atau yang dikenal dengan Rekening Ponsel (2013).

Rekening Ponsel adalah layanan transaksi perbankan menggunakan nomor ponsel, layaknya rekening tabungan, tanpa mengharuskan penggunanya menjadi nasabah bank manapun. Layanan ini memungkinkan transfer uang antar nomor ponsel tanpa perlu rekening bank. Pengguna juga dapat memanfaatkannya untuk belanja di berbagai merchant dengan beragam promosi tertentu. Lebih dari 20.000gerai Indomaret dan Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia juga sudah bekerja sama dengan Rekening Ponsel untuk dapat melayani setor dan tarik tunai Rekening Ponsel. Atas beragam keunggulan tersebut, belum lama ini Rekening Ponsel berhasil meraih posisi puncak Digital Brand of The Year 2015 untuk kategori electronic money (e-money) berdasarkan survei yang dilakukan oleh Isentia bekerja sama dengan Biro Riset Infobank.

Adapun inovasi lain yang dilakukan adalah peluncuran layanan Go Mobile pada 2012. Go Mobile adalah suatu sistem mobile banking dimana nasabah dengan mudah mendaftar over-the-air dan sistem ini bekerja di ponsel jenis apapun, termasuk BlackBerry, iPhone, Android dan Java. Bahkan, untuk ponsel paling sederhana pun dapat mengakses Go Mobile melalui sistem SMS. Keistimewaan inilah yang belum banyak dimiliki oleh bank lainnya di Tanah Air.

Sebagai entitas usaha CIMB Group yang memiliki jaringan usaha yang luas di wilayah Asia Tenggara, memudahkan CIMB Niaga melakukan beragam inovasi yang memberikan keuntungan bagi para nasabah. Salah satunya, layanan ATM berskala regional, yakni jaringan ATM yang luas menjangkau 5 negara, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja. Melalui jaringan yang terkoneksi, nasabah dapat dengan mudah mengambil uang di ATM CIMB Niaga dan melakukan transaksi di lima negara ASEAN tersebut.

Begitu juga dengan produk kartu kredit. CIMB Niaga telah memiliki kartu kredit berskala regional bernama Kartu Kredit World sebagai upaya strategis untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Yang membedakan Kartu Kredit World dengan produk sejenis lainnya adalah adanya Regional Golf Privileges. Adapun kartu kredit CIMB Niaga lainnya yaitu Platinum Card, dapat digunakan di Indonesia dan seluruh dunia melalui jaringan MasterCard atau Visa. CIMB Niaga menawarkan competitive exchange rate untuk penggunaan CIMB Niaga Platinum Card di luar negeri untuk kartu berlogo MasterCard. Berbagai keuntungan lainnya berupa promo di restaurant dan hotel terkemuka, dapat diperoleh dengan menggunakan fasilitas yang dipersembahkan oleh CIMB Bank yang berskala regional.

Adapun untuk segmen high networth individual, CIMB Niaga juga memiliki layanan istimewa bernama CIMB Private Banking. Nasabah private banking dapat menikmati berbagai produk wealth management yang didesain untuk membantu dalam perencanaan, pengembangan, dan perlindungan kekayaan nasabah. CIMB Niaga wealth management mendistribusikan sejumlah produk reksadana serta unit link dari mitra asuransi dan bersama dengan unit Treasury CIMB Niaga aktif menawarkan berbagai obligasi, produk terstruktur, dan jasa penukaran mata uang asing.

Menurut Wan Razly, sebagai rangkaian acara untuk menyambut ulang tahun enam dasawarsa CIMB Niaga, pihaknya menggelar kegiatan di sejumlah kota di Indonesia. Kegiatan diawali di Bandung, Jawa Barat pada Maret hingga Mei 2015 dengan tajuk ‘Untuk Bandung Dari Hati’. Dalam event ini, nasabah maupun masyarakat luas dapat mengakses beragam produk dan layanan inovatif dari CIMB Niaga, di antaranya Rekening Ponsel dan Online Account. Selain itu, dilaksanakan juga aktivitas corporate social responsibility. “Kami juga menggelar Sunday Pop-Up Market yang akan menampilkan Tulus pada 5 April 2015 di kantor cabang CIMB Niaga Dago, Bandung,” ujar dia.

Inisiatif ini adalah upaya CIMB Niaga untuk terus mendekatkan diri dan berinteraksi langsung dengan para nasabah. “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh nasabah atas kepercayaan, dukungan, dan loyalitas yang telah diberikan selama ini kepada CIMB Niaga,” tutup Wan Razly. [rin]