MatahariMall.com Siap Jadi eCommerce Terbesar di Indonesia

Sabtu, 04/04/2015

NERACA

Hanya dalam kurun waktu kurang dari satu bulan sejak diumumkan, bisnis eCommerceMatahariMall.com("MatahariMall”) telah mendapatkan sambutan baik dari masyarakat Indonesia. Terlihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang melakukan registrasi padateaser pageMatahariMall yang mencapai ratusan ribu.

Menurut John Riady, perwakilan Grup Lippo, antusiasme masyarakat Indonesia terhadap MatahariMall bisa disebabkan oleh berbagai faktor pembeda yang saat ini belum dimiliki oleh eCommerce lain di Indonesia. Selain mengedepankan harga termurah, hadiah-hadiah terbaik, dan pilihan produk terluas, mulai darifashion, kecantikan, elektronik, rumah, makanan, buku, hiburan, hingga otomotif. MatahariMall juga mengusung fitur O2O (Online-to-Offline) yang memungkinkan para pelanggan untuk membayar, mengambil dan mengembalikan produk di 132 cabang Matahari Department Store yang tersebar di seluruh Indonesia.

Masih di seputar konseponlinedanoffline, Grup Lippo tidak hanya memberikan focus terhadap tampilanonlinedariMatahariMall.comyang akan kerap diakses oleh jutaan pengguna situs, tapi juga aspekofflineyang akan mendukung kinerja situs. Grup Lippo telah mendedikasikan ruang kantor unik dan modern seluas 1.600 m2 di gedung Lippo Kuningan, Jakarta dengan konsepopen office.

Selain itu, MatahariMall juga telah membangun gudang utama berkapasitas 10.000 m2 di daerah Halim, Jakarta Timur yang akan dapat menampung ratusan ribu produk. Fasilitas yang sama juga akan berfungsi sebagai pusat pengiriman dan akan diperkuat oleh lebih dari 200 pekerja. Di samping itu, gudang utama MatahariMall juga memiliki fasilitas sepertiline inbound,line outbound,line QA & Measurement,Return Station,Quarantine Area,Cold Storage, danSecure Storage.

“Ada banyak komponen yang dibutuhkan untuk bisa menjadi yang terbaik. Kami memahami hal tersebut dan sama sekali tidak berkompromi dalam melengkapi MatahariMall dengan infrastruktur dan sumber daya manusia terbaik yang dibutuhkan untuk menjadi perusahaan eCommerce terbaik dan juga terbesar di Indonesia,” tambah John.

Grup Lippo juga telah menunjuk aCommerce, sebuah perusahaan konsultan yang telah sukses membantu mengembangkan berbagai eCommerce besar di Asia Tenggara, untuk membantu tim MatahariMall dalam menciptakan strategi pemasaran online dan juga rancangan kegiatan operasi perusahaan.

“Kami percaya bahwa Matahari adalah satu-satunya pemain eCommerce yang bisa sepenuhnya menerapkan konsep O2O. Belum ada yang mampu untuk mereplikasi konsep tersebut dalam beberapa waktu terakhir. Walaupun eCommerce bukanlah sesuatu yang baru di wilayah ini, yang unik adalah jangkauan dan keberadaan Grup Lippo secaraofflineyang sangat luas. Dengansekitar 60% masyarakat Indonesia masih berbelanja secaraoffline, MatahariMall akan membentuk jembatan yang sangat dibutuhkan untuk mengubah perilaku pasar secara total,” jelas Adrian Suherman, aCommerce Indonesia co-CEO.

Seperti diumumkan sebelumnya, Grup Lippo telah mengalokasikan dana investasi US$500 juta ke dalam MatahariMall selama 2-3 tahun ke depan untuk membangun ekosistem eCommerce terbesar di Indonesia yang memudahkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja.