Biayai Pembangunan Ekonomi, ICBC Fasilitasi Penggunaan Renminbi

Rabu, 01/04/2015

NERACA

Jakarta -ICBC Group menandatangani empat kesepakatan dengan berbagai lembaga dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia melalui fasilitas pembiayaan dengan mata uang Renminbi (RMB)."ICBC Grup termasuk Bank ICBC Indonesia akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di bidang infrastruktur, transportasi, telekomunikasi, komoditas dan sektor-sektor lain yang berpotensi memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian," kata Direktur Utama PT Bank ICBC Indonesia, Shen Xiaoqi,di Jakarta, Selasa (31/3).

Dia mengatakan penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan di Beijing, RRC pada Kamis (27/3), pekan lalu.Perjanjian pertama antara PT Bank ICBC Indonesia dan Bank Mayapada Internasional, Tbk yaitu "Perjanjian Kerja Sama Pembiayaan lintas batas RMB". Kedua, kesepakatan tripartit antara ICBC Financial Leasing Company Limited, PT. Bank ICBC Indonesia dan Sinarmas, pada "Perjanjian Kerja Sama Pembiayaan untuk Pulp and Paper Pembangunan Cross-Border RMB Lease".

Kesepakatan berikutnya berjudul " Perjanjian Kerja Sama Bisnis lintas batas RMB " antara ICBC Limited dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank).Yang terakhir adalah perjanjian kerja sama proyek "Investasi, Pembangunan, dan Operasi Umum Jalan raya dan Fasilitas Pendukung Transportasi Batubara di Provinsi Kalimantan Tengah", yang ditandatangani ICBC Limited, PT Perkeretaapian Tambun Bungai, China Railway Group Limited, dan PT Mega Guna Ganda Semesta.

Acara penandatanganan ini diprakarsai Indonesia-China Economic Forum yang diselenggarakan oleh Konsel China untuk Promosi Perdagangan Internasional dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, di sela-sela kunjungan kenegaraan Presiden Indonesia Joko Widodo ke China pada 25-28 Maret 2015.Dalam kunjungan tersebut, Indonesia dan China juga mengeluarkan deklarasi bersama memperdalam hubungan dan kerja sama antara kedua negara yang saling melengkapi dalam hal pembangunan ekonomi.

ICBC Grup juga berupaya untuk terlibat dalam proyek infrastruktur tol laut yang direncanakan pemerintah Indonesia. Keterlibatan tersebut juga sejalan dengan strategi pemerintah China.Seiring dengan meningkatnya kerjasama bilateral antara Indonesia dan China, Bank ICBC Indonesia memiliki kesempatan dalam memanfaatkan keunggulan kompetitif produk dan jasa untuk melayani kebutuhan pelanggan RMB. [ardi]