Trakindo Dukung Pengembangan Industri Nasional

NERACA

Jakarta – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar menegaskan komitmennya dalam pengembangan strategi operational excellence untuk mendukung keberlangsungan perkembangan industri di Indonesia. Keunggulan operasional yang didukung oleh manajemen supply chain dari hulu hingga hilir memegang peranan penting dalam keberhasilan pelanggan. Hal demikian tertuang dalam siaran pers yang dikutip, Kamis.

Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, Trakindo telah berkembang menjadi penyedia jasa dan produk alat berat Caterpillar yang juga berperan aktif dalam pembangunan di Indonesia. Trakindo mengakomodasi kebutuhan dari industri pertambangan, konstruksi, kehutanan dan perkebunan, kelautan, minyak dan gas, serta kelistrikan dalam upaya menyukseskan pembangunan Indonesia. Adapun produk-produk yang Trakindo sediakan bagi industri tersebut merupakan rangkaian produk alat berat Caterpillar berkinerja tinggi seperti produk machines, engines, rental &used equipment, suku cadang Caterpillar dan non-Caterpillar.

Dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, Trakindo memiliki fasilitas yang lengkap dan terdepan serta jaringan luas di lebih dari 60 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai bagian dari strategi operational excellence, Trakindo mengembangkan keahlian operasional untuk menghadirkan layanan berkelas dunia.

“Komitmen Trakindo dalam menumbuhkan daya saing pelanggan tercermin pada upaya membangun proses bisnis yang efisien, salah satunya dengan melakukan manajemen cabang dengan sistem area, yang terdiri dari 7 area yaitu Sumatera, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur &Utara, Jawa, Batu Hijau, Indonesia Timur,danTembaga pura. Sistem area ini bertujuan untuk semakin mendekatkan produk dan layanan Trakindo kepada para pelanggan di seluruh Indonesia. Pengembangan sistem jaringan distribusi juga ditujukan untuk melayani pengadaan suku cadang secara cepat dan efisien bagi pelanggan. Hal ini sejalan dengan komitmen Trakindo guna memajukan kesuksesan pelanggan di berbagai industri di Indonesia,” kata Ali R. Alhabsyi, Director & Chief Operating Officer, PT Trakindo Utama.

Lebih lanjut dalam kegiatan operasional untuk memberikan dukungan terdepan, Trakindo mengembangkan manajemen supply chain terintegrasi yang bertujuan mengoptimalkan kegiatan operasional dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Hal ini untuk mengimbangi pasokan dan permintaan akan produk yang tepat dengan jumlah yang ideal, dan harga terjangkau di lokasi yang tepat serta waktu yang singkat dengan layanan berkualitas.

“Manajemen supply chain Trakindo diimplementasi mulai dari hulu hingga hilir. Pengelolaan supply chain dilakukan melalui integrated planning, sourcing & procurement, juga warehousing & distribution. Manajemen supply chain ini memberikan manfaat optimal bagi pelanggan kami. Melalui strategi distribusi, kami menyediakan transportasi, penyimpanan dan handling machine, engine, juga suku cadang sesuai kebutuhan pelanggan, dengan cost yang efektif dan efisien. Untuk pendistribusian suku cadang, kami juga memiliki hub yang berperan sebagai penyalur suku cadang secara efektif. Hingga kini Trakindo memiliki lima hub di Indonesia, yaitu di Jakarta, Surabaya, Pekanbaru, Samarinda, dan Banjarmasin serta beberapa wilayah pertambangan,” ujar Roni Setyawan, Chief Supply Chain Officer, PT Trakindo Utama.

Related posts