Itochu Borong Saham Anak Rukun Rahaja

Perusahaan besar asal Jepang, Itochu Corporation menjadi mitra strategis PT Rukun Raharja Tbk (RAJA). Itochu membeli 33% saham PT Triguna Internusa Pratama, anak usaha Rukun Raharja. Itochu memborong saham Triguna sebesar Rp 165,1 miliar. Dengan pembelian saham tersebut, kepemilikan Rukun Raharja pada Triguna berkurang menjadi 67% dari sebelumnya 99,9%.

Sekretaris Perusahaan Rukun Raharja Cindy Budijono mengungkapkan, Itochu masuk ke Triguna sebagai investor melalui aksi penambahan modal disetor Triguna. Pada aksi tersebut, Triguna menerbitkan 24.481 saham baru senilai Rp 6,7 juta per saham yang semuanya dibeli Itochu. “Rencana Itochu masuk ke Triguna sejak awal 2014,” kata Cindy di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, transaksi tersebut ditandai oleh penandatanganan share subscription agreement antara Rukun Raharja dan Itochu pada 19 Maret 2015. Menurut Cindy, masuknya Itochu ke Triguna tidak dalam rangka mengincar proyek tertentu. Dia menjelaskan, Itochu berkomitmen pada semua operasional Triguna, termasuk belanja modal (capital expenditure/capex) dan pengembangan bisnis Triguna ke depan. “Jika ada proyek baru dan membutuhkan dana, Itochu dan Rukun Raharja akan membantu dalam hal pendanaan,” ujar dia.

Saat ini, Triguna masih fokus mengerjakan proyek pembangunan pipa gas di Gresik, Jawa Timur. Perseroan berencana mengerjakan beberapa proyek ke depannya. Sayangnya Cindy belum bisa mengungkapkan soal proyek tersebut.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Rukun Raharja berhasil meraih pinjaman senilai US$ 70 juta atau setara Rp 910 miliar dari HSBC cabang Jakarta. Perseroan mendapatkan fasilitas kredit tersebut bersama anak-anak usahanya, yaitu PT Panji Raya Alamndo, PT Energasindo Heksa Karya, PT Triguna Internusa Pratama, dan PT Trimitra Cipta Mandiri. (bani)

Related posts