Pertamina Rehabilitasi Ekosistem Mangrove - di Pantai Cindakir, Teluk Kabung

NERACA

Sebagian besar hutan mangrove di pulau kecil dan daerah pesisir mengalami kerusakan yang cukup parah. Hingga Desember 2014 hampir 30% dari 3,7 juta hektare hutan mangrove di Indonesia rusak dan diubah mennjadi kawasan komersial serta pemukiman penduduk.

Melihat hal tersebut, Pertamina kembali mewujudkan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk pembangunan berkelanjutan (sustainable development) melalui aksi nyata menanam dan merehabilitasi mangrove di Pantai Cindakir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menuturkan, Salah satu daerah pesisir yang mengalami degradasi hutan mangrove adalah Pantai di kawasan Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Hal ini perlu menjadi perhatian karena degradasi atau bahkan hilangnya hutan mangrove pada wilayah ini dapat menyebabkan abrasi yang bisa mengganggu kehidupan wilayah sekitar Teluk Kabung. Rehabilitasi hutan mangrove akan memberikan dampak besar untuk mengembalikan tumbuhnya keanekaragaman hayati.

“Kegiatan ini merupakan komitmen Pertamina berperan aktif dalam pelestarian kawasan mangrove di Indonesia, melalui program Pertamina Menabung 100 Juta Pohon, terutama yang berada di wilayah operasi Pertamina. Lokasi yang kami tanam saat ini berada di sekitar wilayah operasi Pertamina yakni Terminal BBM Teluk Kabung,”jelas Dwi Soetjipto.

Selain untuk memfungsikakn kembali ekosistem mangrove yang berperan dalam melindungi garis pantai, mitigasi perubahan iklim dengan menyerap ratusan ton karbon per tahun, dan sebagai habitat bagi satwa laut dan pesisir, kegiatan tersebut juga ditujukan sebagai sarana edukasi dan peningkatan ekonomi masyarakat pesisir, serta mendorong peningkatan taraf kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Pengembangan kawasan mangrove yang dilaksanakan Pertamina telah mencatatkan sejumlah success story, diantaranya di Balikpapan –Kalimantan Timur, Wanasari – Bali, Wonorejo –Jawa Timur, Karangsong – Jawa Barat, Tanjung Pasir - Banten, dan diharapkan juga di Teluk Kabung, Padang yang dimulai saat ini.

Related posts