Buana Listya Lunasi Utang US$ 7,8 Juta

Perusahaan pelayaran PT Buana Listya Tama Tbk (BULL) melunasi pinjaman senilai US$ 7,8 juta dengan mengkonversi utang tersebut menjadi saham biasa seri B. Dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin. Manajemen perseroan menjelaskan, transaksi konversi utang kepada Merrill Lynch Credit Products LLP dan Orchard Centar Master Limited (MLOR) tersebut telah dilaksanakan pada 12 Maret lalu.

Disebutkan, nilai nominal saham seri B tersebut sebesar Rp 100 dengan harga pelaksanaan Rp 439 dan total jumlah penerbitan 220.626.880 unit. Pihak yang mengambil bagian dalam transaksi adalah PT Delta Royal Sejahtera. Adapun Delta Royal Sejahtera adalah pihak yang ditunjuk MLOR untuk mengakuisisi saham seri B tersebut.

Sebagai informasi, pada 22 September 2011, Buana Listya memperoleh fasilitas pinjaman modal kerja sebesar US$ 50 juta dari MLOR. Namun perseroan hanya menggunakan sebesar US$ 30 juta. Fasilitas ini dijamin oleh Berlian Laju Tanker dan saham Buana Listya. Kemudian, pada 28 September 2011, perseroan tidak membayar bunga jatuh tempo kepada MLOR. Buntutnya, MLOR memberikan pernyataan gagal bayar (event of default). Persoalan utang tersebut terus bergulir hingga pada 24 September 2014 BULL dan MLOR menyetujui adanya restrukturisasi. (bani)

Related posts