Selandia Baru Kenalkan Pendidikan Berkualitas - Jaring Mahasiswa Indonesia

Sebagai negara demokratis dengan populasi terbesar ketiga di dunia, Indonesia menjadi support investment bagi negara manapun di dunia, salah satunya di bidang pendidikan

NERACA

Di era globalisasi, pendidikan tinggi lintas negara menjadi semakin mudah sehingga jumlah mahasiswa yang belajar di luar negeri semakin banyak. Tak ayal, keberadaan mahasiswa internasional menghadirkan atmosfer baru di dalam dunia akademik di kampus.

Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar ketiga di dunia, menjadi support investment bagi negara manapun di dunia. Ya, jika bidang pendidikan dikelola dengan professional oleh suatu negara, pendapatan yang dihasilkan dari bidang pendidikan ini akan dapat menopang perekonomian negara tersebut.

Terkait hal tersebut, dalam dua dekade terakhir dunia internaional sudah mengubah kebijakan di sektor pendidikan. Lewat kebijakan itu, negara-negara tersebut berupaya menarik sebanyak-banyaknya mahasiswa dari Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi di negara mereka.

Selandia Baru misalnya. Sebagai salah satu negara terkemuka di dunia dalam pengelolaan pendidikannya, dalam beberapa tahun belakangan ini Selandia Baru dinilai berhasil mengundang minat mahasiswa Indonesia untuk studi di negaranya.

“ Selandia Baru memiliki komitmen untuk membangun hubungan bilateral dalam bidang pendidikan dengan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia. Dengan jumlah mahasiswa Indonesia di Selandia Baru yang terus bertumbuh, kami dengan senang hati menyambut para pelajar Indonesia, dan kami merasa yakin bahwa mereka akan memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan selama masa studinya,” ujar New Zealand’s Ambassador-designate to Indonesia Dr Trevor Matheson

Di kawasan ASEAN, Indonesia merupakan pasar utama bagi Education New Zealand (ENZ), yang terus mengalami peningkatan jumlah pelajar rata-rata 10% setiap tahunnya. Hampir semua sektor pendidikan mengalami pertumbuhan pelajar Indonesia pada 2014, dan pertumbuhan paling tinggi terlihat di sektor universitas.

Sebanyak 770 pelajar Indonesia telah memilih Selandia Baru sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan tingginya, berdasarkan data antara Januari dan Agustus pada tahun sebelumnya. Berdasarkan sektor pendidikan pada periode yang sama, jumlah pelajar Indonesia yang mendaftar pada sektor universitas meningkat sebanyak 22% dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Dari segi level pendidikan, pasca sarjana mengalami pertumbuhan terbesar, yaitu untuk jenjang pendidikan tingkat Master dan Doktoral, yang masing-masing meningkat sebesar 51% (27 pelajar) dan 29% (24 pelajar).

Pada periode yang sama, jumlah pelajar di sektor PTE (Private Training Establishment) juga mengalami peningkatan sebanyak 17%. Sementara pada sektor sekolah dan ITP (Institutes of Technology and Polytechnic) mengalami peningkatan jumlah pelajar, masing-masing sebanyak 44% dan 28%.

Guna menjaring calon-calon mahasiswa Indonesia untuk belajar di negaranya, baru-baru ini Selandia Baru menggelar New Zealand Education Fair 2015. Selama dua hari, sebanyak 26 lembaga pendidikan Selandia Baru yang berkualitas dan telah dikenal secara global, membuka kesempatan kepada para calon pelajar Indonesia untuk mendapatkan informasi pendidikan berkualitas terbaik dan pengalaman belajar yang personal bagi tiap pelajar, kesempatan untuk menikmati gaya hidup yang menyenangkan, serta memiliki standar kualifikasi yang memungkinkan para pelajar untuk mengejar berbagai karier yang mereka inginkan.

Kualitas pendidikan Selandia Baru telah dikenal secara global, apalagi dengan masuknya delapan universitas Selandia Baru ke dalam daftar 550 universitas terbaik di dunia berdasarkan peringkat QS World University 2014.

“Dengan senang hati kami akan menerima lebih banyak lagi pelajar Indonesia pada tahun ini. Selandia Baru menawarkan kepada para pelajar Indonesia, pendidikan yang berkualitas tinggi dan memiliki kualifikasi yang telah dikenal secara global, serta kesempatan untuk menempuh studi di tengah lingkungan yang ramah dan aman dengan gaya hidup yang menyenangkan. Kami percaya bahwa pameran pendidikan ini mampu memberikan pemahaman kepada pelajar Indonesia, serta mendukung mereka untuk mengejar pendidikan yang mereka inginkan di Selandia Baru,” ujar Regional Director South & South East Asia Region (SSEA Region) Education New Zealand Ziena Jalil.

Related posts