Orbit Satelit BRI Sesuai Jadwal

NERACA

Jakarta - Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Asmawi Syam mengatakan, target orbit satelit perseroan yang diberinama BRISAT hingga kini prosesnya masih sesuai jadwal (on schedule). "Dari pabrik menyatakan sampai saat ini on schedule. Mudah-mudahan tepat waktu," ujarnya di Jakarta, Rabu (11/3).

BRI menjadi satu-satunya bank di Indonesia dan dunia yang memiliki satelit sendiri. Dengan adanya satelit yang dioperasikan BRI kelak, diharapkan layanan bank plat merah tersebut terutama untuk penyaluran kredit usaha mikro bisa memiliki jangkauan yang lebih luas di seluruh Indonesia.

"Kami kembangkan inovasi satelit pertama di dunia untuk support microfinancing. Ini inovasi spektakuler yang diharapkan bisa angkat microfinance yang industrinya berbasis teknologi," kata Asmawi.

Skala operasional layanan BRI memang memerlukan dukungan jaringan komunikasi satelit yang setara dengan 23 transponder untuk memberikan layanan yang berkelanjutan hingga ke pulau-pulau kecil di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan rencana bisnis jangka panjang BRI, keberadaan satelit tersebut skan mendukung perkembangan bisnis BRI. Satelit itu diharapkan tidak hanya mampu menjangkau kawasan Indonesia, namun juga mampu menjangkau kawasan Asia Tenggara, sebagian wilayah Pasifik hingga Australia Barat.

Selain itu, dengan beroperasinya satelit tersebut, nantinya BRI bisa berhemat Rp250 miliar untuk biaya operasional. "Pihak-pihak luar sebenarnya juga kagum Indonesia begitu serius bangun satelit. Jadi kita harapkan, pertengahan tahun 2016 satelitnya bisa mengorbit," tandasnya. [ardi]

Related posts