Alfamart Agresif Tambah Gerai di ASEAN - Perluas Pangsa Pasar

NERACA

Jakarta – Perbesar pangsa pasar hingga ke luar negeri dan tidak hanya jago di kandang, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart (AMRT) terus ekspansi di berbagai negara Asia lainnya. Pasalnya, sukses membuka 30 mini market di Manila, Filipina, perusahaan ritel ini tengah menjajaki untuk membuka minimarket Alfamart di wilayah negara ASEAN lainnya.

Corporate Affair Director Sumber Alfaria Trijaya, Solihin mengatakan, perseroan tengah gencar untuk melebarkan sayap usaha retail hingga di kawasan regional. Hal ini sebagai kesiapan perseroan dalam menghadapi persaingan secara global terkait kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),”Ekspansi ke luar negeri, baru ke Filipina. Kami sudah membuka lebih dari 30 minimarket di sana,”ujarnya.

Dia menjelaskan, alasan perseroan mengincar wilayah ASEAN karena masyarakatnya memiliki karakter yang sama seperti di Indonesia. Hal ini dijadikan potensi pasar yang besar bagi perusahaan ke depannya. Disebutkan, ada beberapa negara yang tengah di bidik, tapi belum bisa disebutkan. Namun yang pasti, dalam aksi korporasinya penambahan gerai baru di negara tetangga, perseroan akan menggandeng perusahaan lokal di sana.

Solihin mengungkapkan, dari 10.000 gerai Alfamart yang telah ada saat ini, sekitar 32% dioperasikan oleh masyarakat. Sedangkan sisanya sekitar 68% dioperasikan oleh perseroan,”Dalam lima tahun ke depan, kami targetkan masyarakat mempunyai porsi 40% dan perseroan sekitar 60%, hal ini sesuai tata cara perdagangan yang mengacu pada Peraturan Menteri Pedagangan,”ungkapnya.

Kemudian perseroan juga menggandeng kerjasama dengan PT Pelni (Persero). Dimana dalam kerjasama tersebut, Pelni akan menghadirkan gerai Alfamart di atas kapalnya. Hal ini dilakukan sebagai langkah Pelni melakukan inovasi pelayanan dan memberikan kenyamanan dalam pelayanan,”Kehadiran gerai Alfamart di atas kapal Pelni diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan kami selama berlayar dengan kapal Pelni," kata Yahya Kuncoro, Corporate Secretary PT Pelni.

Langkah ini sejalan dengan rencana Pelni mendapatkan dana PSO sebesar Rp 1,6 triliun yang rencananya akan digunakan untuk meningkatkan layanan dan fasilitas di atas kapal.Yahya mengatakan, dengan dana PSO tersebut tahun ini Pelni akan melakukan peremajaan seluruh kapalnya. Semua fasilitas di atas kapal pun akan diperbarui. "Kami juga menambah fasilitas yang dapat digunakan penumpang seperti mini-gym dan kids play ground,” ujar Yahya.

Kehadiran gerai Alfamart di atas kapal Pelni, papar Yahya, juga menunjukkan kepercayaan swasta atas pembenahan layanan yang tengah dilakukan perusahaan pelayaran tertua di Indonesia ini. Saat ini, Alfamart telah hadir di KM Sinabung yang melayari rute Tanjung Priok- Surabaya, Makassar, Bau-Bau, dan Ambon,"Untuk Alfamart sendiri, rencananya akan menambah jumlah gerainya di kapal-kapal Pelni yang lain, yang kami sambut dengan tangan terbuka. Kami membuka peluang bagi pihak swasta lainnya yang ingin menghadirkan gerainya di atas kapal kami," ujar Yahya.

Dirinya berharap, semakin banyak fasilitas di atas kapal Pelni, semakin senang penumpang berlayar dengan kapal. (bani)

Related posts