Express Kantungi Peringkat A Dari Pefindo

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA untuk PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI), dengan prospek stabil. Peringkat sama juga diberikan untuk Obligasi I/2014 perusahaan. Informasi tersebut disampaikan Pefindo dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (10/3).

Analis Pefindo Yogie Perdana mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan arus pendapatan perusahaan yang stabil karena model bisnis perusahaan yang berbasis kemitraan memungkinkan perusahaan menikmati marjin profitabilitas yang relatif tinggi dan stabil,”Selain itu, posisi pasar yang kuat di industri taksi dan profil armada yang baik,”paparnya.

Kendati demikian, peringkat dibatasi laverage keuangan perusahaan yang agresif dalam jangka pendek hingga menengah, potensi persaingan yang semakin ketat dan risiko terkait tidak terutilisasinya armada perusahaan, terutama untuk layanan sewa bis yang masuh baru.

Pada saat yang sama, Pefindo memberikan peringkat idAA+ untuk PT Sarana Multi Infrastruktur, dengan prospek stabil. Peringkat Obligasi I/2014 senilai Rp1 triliun yang diterbitkan perusahaan juga mendapat peringkat serupa.

Peringkat ini mencerminkan peran peruahaan yang sangat penting bagi pemerintah Indonesia, besarnya potensi pembiayaan infrastruktur dan tingkat permodalan yang sangat kuat dengan rencana tambahan modal sebesar Rp20,4 triliun, yang sudah dialokasikan pada tahun ini,”Namun, peringkat tersebut dibatasi terbatasnya proyek infrastruktur yang siap secara komersial dan profil pembiayaan yang terkonsentrasi," ujar analis Pefindo lainnya, Hendro Utomo. (bani)

Related posts