BII Manfaatkan Kemajuan TI Dukung Bisnis Nasabah - Raih “FIIA 2015”

NERACA

Jakarta - PT Bank Internasional Indonesia Tbk meraih “Financial Insights Innovation Awards 2015 (FIIA 2015) yang diselenggarakan IDC Financial Insights untuk kategori Enterprise Transformation bagi CoOL Pay (Corporate On-Line Payment) dan BII Sinergi (Distribution Card) dalam Manajemen Keuangan Rantai Pasok (Financial Supply Chain Management -FSCM).

Award ini memperkuat posisi BII sebagai perintis pembiayaan rantai pasok di Indonesia untuk segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sejak 2004 silam. Sebagai bagian dari Grup Maybank, pengakuan yang diterima BII ini juga memberikan kontribusi positif bagi BII kepada Grup Maybank sebagai penyedia jasa keuangan terbesar keempat di ASEAN.

Menurut Direktur Utama BII, Taswin Zakaria, pihaknya menggunakan kemajuan teknologi informasi (TI) dengan mengaplikasikan CoOLPay dan BII Sinergi Card, untuk mendukung manajemen keuangan rantai pasok sebagai dukungan kepada komunitas bisnis, baik mikro, UKM, komersial maupun korporasi.

CoOLPay dan BII Sinergi Card mendukung proses bisnis antara pemasok (supplier) dengan agen / reseller / retailer. CoOLPay, yang merupakan solusi payment gateway berbasis internet merupakan solusi keuangan end-to-end yang lengkap. Melalui CoOLPay, agen/reseller/retailer dapat melakukan pembayaran secara real time online dan dapat dimonitor pemasok.

Sementara, untuk memberikan kemudahan kepada agen/reseller/retailer, BII juga menyediakan BII Sinergi Card untuk mendukung transaksi pembayaran, terlebih bagi yang memiliki akses terbatas terhadap internet, termasuk di daerah remote area.

“CoOLPay dan BII Sinergi Card mendukung proses bisnis dalam suatu ekosistem menjadi lebih efisien yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis para pelaku bisnis dalam ekosistem tersebut. Hal ini sejalan dengan spirit kami untuk menjadi bagian dan tumbuh bersama-sama dengan komunitas dalam mendukung serangkaian proses bisnis dari hulu hingga hilir sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional,” kata Taswin di Jakarta, Minggu (8/3) pekan lalu.

Melalui sinergi dengan Maybank, CoOLPay telah dikembangkan menjadi solusi rantai pasok regional (cross border) sejak 2013 sehingga dapat digunakan dalam komunitas bisnis lintas negara di regional. Tahun ini, CoOLPay diproyeksikan untuk solusi rantai pasok yang dapat diakses dengan berbagai jalur transaksi (transaction channel). [ardi]

Related posts