BTN - Pertamina Kerja Sama Host to Host - Perputaran Uang dalam Bisnis Agen BBM

NERACA

Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggandeng PT Pertamina (Persero) dalam pelayanan transaksi pembayaran atas penjualan produk Pertamina. Seluruh pelanggan Pertamina saat ini dapat melakukan transaksi melalui kantor layanan BTN.

Agen penyalur ritel bahan bakar minyak (BBM) dari Pertamina dapat langsung melakukan transaksi pembayaran secara online dan real time melalui BTN. “Ini adalah fasilitas layanan yang kami bangun bersama Pertamina dengan menyiapkan sistem host to host untuk menambah kenyamanan dalam bertransaksi,” ujar Iman Nugroho Soeko, Direktur BTN, di Jakarta, Jumat (6/3), pekan lalu.

Dia menambahkan bahwa saat ini inovasi menjadi kata kunci dalam menarik minat konsumen. Perbankan saat ini begitu banyak menjual produk dengan berbagai inovasi untuk menarik pelanggan. “Itulah yang dilakukanoleh Bank BTN bersama Pertamina,” tambahnya.

Pertama, lanjut Iman, BTN bangun sistem layanannya untuk mempermudah dalam transaksi.Tahapan berikutnya, BTN akan mencoba siapkan fasilitas apa yang diperlukan agen penjual BBM ini sebagai pelengkap. “Jadi, mereka akan kita siapkan satu pintu layanan perbankan dalam melakukan bisnis sebagai agen BBM dari Pertamina,” terang dia.

Kerja sama BTN dan Pertamina dalam menyiapkan sistem pembayaran secara host to host ini menerapkan sistem aplikasi pendukung terpadu yang cukup handal dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

“Ini juga merupakan sinergi antar BUMN yang menjadi tujuan kami bagaimana agar BUMN juga besar bersama di negeri ini,” paparnya. Pertamina merupakan perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki oleh Pemerintah. Salah satu bisnis Pertamina adalah menyelenggarakan usaha di bidang minyak dan gas bumi beserta hasil olahan dan turunannya, termasuk pemasaran BBM Retail.

Pertamina juga melakukan pemasaran BBM Retail melalui lembaga penyalur retail BBM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia seperti SPBU, Agen Minyak Tanah, Agen Premium dan Minyak Solar dan Premium Solar Packed Dealer. Jumlah perputaran uang pada bisnis agen BBM ini tidak kurang dari Rp3 triliun dalam setiap bulannya. “Untuk tahun pertama, kami berharap perputaran uang itusekitar 10% transaksi dapat dilakukan melalui Bank BTN,” tandasnya. [kam]

Related posts