Sambut 2015, LG Ungkap Perangkat Home Entertaiment

NERACA

Jakarta - Memasuki awal tahun 2015, PT LG Electronics Indonesia mengungkap koleksi besar perangkat elektronik hiburan dalam ruang (home entertaimen) yaitu TV dan audio system yang siap dirilis di Indonesia pada tahun ini. "Melalui berbagai terobosan inovasi yang ditawarkan, kami bertekad untuk menggerakkan pertumbuhan lebih baik dan berkelanjutan bagi kategori ini sekaligus bakal membawa masyarakat pada era baru solusi perangkat elektronik hiburan dalam ruangan," ungkap Marketing Director LG Electronics Indonesia Eric Setiadi di Jakarta, Kamis (5/3).

Dalam perangkat TV, tahun ini LG memperkenalkan Organic Light Emitting Diode (OLED TV), Ultra HD TV dan WebOS TV yang masing-masing dibesut dengan inovasi terkini di dalamnya. Sementara dari perangkat audio system, perusahaan yang berbasis di Korea tersebut mengandalkan bisnisnya di tahun ini ada tiga lini produk utama yaitu home teater system, mini hi fi dan smart hi fi audio.

Dalam pasar OLED TV, LG menjadikan pasat tersebut sebagai bisnis utama di tahun ini. Pasalnya dari sisi produksi, sebenarnya tak sulit bagi LG mencapai niatan ini. Ia mengatakan LG merupakan perusahaan pertama dan satu-satunya yang mampu menerapkan produksi massal teknologi OLED pada perangkat TV. “Menjadi istimewa karena OLED (Organic Light Emitting Diode) merupakan teknologi panel TV terkini yang digadang-gadang sebagai teknologi panel TV masa depan sejak awal kemunculannya,” katanya.

Khusus untuk niatannya di tahun ini, LG memperkenalkan varian baru LG OLED TV berbentang layar 55inchi dalam seri LG 55EC930T. Layar berbentuk kurva dengan cekungan halus ke dalam pada sumbu tengahnya berpadu tipisnya tepian bingkai pembatas (bezel) dan topangan stand bergaya minimalis membuat OLED TV ini terkesan cantik. Kesan ini semakin kuat dengan ketebalan bodi yang tak lebih dari 4mm atau setara tiga tumpukan kartu kredit. Sebuah keistimewaan dari mengadopsi teknologi OLED.

LG juga bakal lebih agresif melakukan penetrasi di pasar 4K Ultra HD TV di Indonesia. Salah satunya memperluas rentang produk 4K Ultra HD TV yang bakal di pasarkan di Indonesia. Bila dibagi berdasarkan besarnya dimensi layar, varian 4K Ultra HD TV LG sampai 2015 ini jumlahnya bakal mencapai lima belas varian. Mulai dari berbentang layar 40inch, hingga yang bentangnya mencapai 105inch. “Semakin banyak varian akan mengundang semakin banyak orang untuk dapat menikmati teknologi TV dengan resolusi tertinggi yang tersedia di pasar saat ini,” ujar TV Product Marketing Head LG Electronics Indonesia Terry Putera Santoso.

Pernyataan LG untuk memperkuat dominasi dan memperluas penetrasi di pasar OLED TV dan 4K Ultra HD TV tampaknya akan menjadi ambisi besar perusahaan elektronik tesebut di tahun ini. Pasalnya, tak hanya berpangku pada pemasaran produk, langkah itu juga mendapat dukungan dengan keputusan kantor pusat LG di Korea Selatan tersebut untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat produksi bagi produk Ultra HD TV dan OLED TV miliknya.

Adanya penunjukan ini menjadikan fasilitas produksi TV LG yang terletak di kawasan industri MM2100 Cibitung, Jawa Barat, bakal mensuplai kebutuhan Ultra HD TV dan OLED TV LG untuk pasar Asia Tenggara dan Australia. “Indonesia menjadi bagian strategi global LG untuk meningkatkan dan mempercepat penetrasi pasar bagi kedua kategori produk tersebut di dunia,” tambah Eric Setiadi.

Sementara dari sisi produk audio system, langkah LG tak kalah agresif. Disamping memperluas lini produk home theater system dan mini hi-fi miliknya, di tahun ini perusahaan juga memperkenalkan kategori baru yaitu smart hi-fi.

Perluasan lini produk home theater system ini tak lepas dari bacaan LG pada tren kepemilikan TV layar datar yang semakin meluas. “Home theater system memberi keluaran audio dengan bentang bunyi lebih luas menjadi pendamping ideal mengatasi keterbatasan speaker bawaan TV,” ujar William Fu, Commercial Audio Video Product Marketing Head LG Electronics Indonesia.

Sebanyak empat varian baru home theater system baik yang mendukung pemutaran cakram Blu-Ray maupun DVD diperkenalkan. Tiga diantaranya hadir dalam tata suara 5.1 channel. Termasuk di dalamnya yang mendukung format Blu-Ray yaitu LHB755W dengan empat speaker berdesain tall boy dan LHB745 yang memiliki dua speaker tall boy dan dua satellite.

Related posts