Pemerintah Janji Bangun 1.000 Rusunawa

NERACA

Jakarta - Presiden Joko Widodo berjanji untuk menghilangkan kaawasan kumuh di Jakarta maupun kota besar lainnya. Salah satu program prioritasnya adalah dengan membangun 1.000 rumah susun sewa (rusunawa).Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Ridho Matari Ikhwan mengungkapkan, pihaknya menargetkan pembangunan 1.000 rusunawa untuk merelokasi sejumlah kawasan kumuh.

"Target 1.000 rusunawa ini nantinya satu tower nanti akan terdiri dari 96 hingga 100 unit," ungkap Ridho di Jakarta, kemarin.Pembangunan Rusunawa tersebut, lanjut Ridho, bakal dibangun di seluruh daerah di Tanah Air. Pembangunan seribu tower Rusunawa ini ditargetkan bakal terealisasi hingga lima tahun mendatang atau selama kepemimpinan Joko Widodo.

Pembangunan tersebut dititikberatkan bagi kawasan kumuh yang dinilai sudah tidak laik atau kumuh berat. "Sedangkan kalau kumuh sedang nanti kita akan perbaiki sarana dan prasarananya, kemudian untuk kumuh ringan tinggal kita lengkapi saja isinya," bebernya.

Terkait pengawasannya sendiri, nantinya Ridho bakal berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Hal itu sebagai antisipasi agar unit dari Rusunawa tersebut tidak malah disewakan lagi oleh oknum tak bertanggung jawab."Masalah jika ada yang disewakan lagi atau sudah kelihatan tidak tepat sasaran, itu nanti akan dicari peraturan perundang-undangannya lagi," jelasnya.

Fokus dari program tersebut, tambah Ridho, agar pembangunan Rusunawa itu tepat sasaran. "Tapi walaupun demikian, bagi penghuni Rusunawa yang nantinya secara ekonomi mereka terjadi peningkatan maka sewanya harus diberhentikan," pungkas Ridho. [agus]

Related posts