Provident Agro Suntik Modal Anak Usaha

Perusahaan perkebunan sawit, PT Provident Agro Tbk (PALM) memberi pinjaman anak usahanya PT Sumatera Candi Kencana sebesar Rp 200 miliar. Dananya hasil patungan perseroan dengan PT Nakau dan PT Transpacific Agro Industry.

Dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin, Direktur Provident Agro, Devin Antonio Ridwan mengatakan, pinjaman tersebut akan jatuh tempo 20 Oktober 2015, tidak memiliki bunga. "Pinjaman ini dapat diperpanjang kembali berdasarkan perjanjian tertulis sesuai syarat dan ketentuan dalam perjanjian pinjaman,”kata Devin.

Dia mengatakan, pinjaman tersebut telah ditandatangani sejak 20 Oktober 2014 lalu. "Semua pihak sudah setuju untuk memberi pinjaman ke Sumatera Candi Kencana," kata dia. Sekedar informasi, Provident Agro memegang 50% kepemilikan saham di Sumatera Candi Kencana. Kemudian, PT Nakau sebesar 48 persen dan sisanya 2% dimiliki PT Transpasific Agro Industry. Adapun Nakau dan Transpasific Agro merupakan anak usaha Provident Agro.

Mengacu porsi kepemilikan saham di Sumatera Candi Kencana, Provident Agro menyuntikkan dana Rp 100 miliar, Nakau Rp 96 miliar, dan Transpasific Agro Industry Rp 4 miliar. Sumatera Candi Kencana merupakan perusahaan perkebunan yang beroperasi di Sumatera Selatan. Kemudian, Nakau bergerak di Lampung dan Transpacific Agro Industry di Sumatera Selatan. Adapun Provident Agro merupakan anak usaha dari perusahaan investasi yang dipimpin Sandiaga Uno, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG).

Hingga kuartal III-2014, Provident menyumbang kenaikan laba bersih konsolidasi terhadap Saratoga dari Rp 922 miliar menjadi Rp 2,6 triliun. Adapun pendapatan Saratoga sepanjang Januari-September 2014 tumbuh 105% menjadi Rp 4,7 triliun dari sebelumnya Rp 2,3 triliun. (bani)

Related posts