Mengenal Keaslian Tinta Printer

Neraca. Kita mengenal istilah, ‘Tinta Asli’ saat membeli tinta printer. Meskipun bukan berarti tinta lainnya palsu. Pengertian ‘asli’ dari pabrik, dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Original Equipment Manufacturer (OEM) atau lebih tepat diartikan sebagai tinta resmi, dan bukan ‘tinta asli’, walaupun pengertian ini tidak banyak dipahami orang.

Sebuah contoh, tinta inkjet Finest-Ink dan InkBrite adalah bukan tinta asli (resmi), namun merk-nya telah didaftarkan sebagai merk dagang di Indonesia. Kedua tinta tersebut tidak ada hubungannya dengan merk Epson, HP, Canon atau merk-merk printer lainnya.

Ilustrasinya. Kalau printer diibaratkan sebuah mobil, maka Epson, Canon, HP, dan lainnya adalah pabrik mobil, seperti Toyota, Honda, dan lainnya. Nah pabrik mobil tersebut, tidak membuat bensin sendiri, karena bensin dibuat oleh Pertamina, Petronas atau Shell. Demikian pula dengan printer, sipembuat tinta adalah pabrik printer sendiri.

Tinta yang digunakan printer Inkjet, seperti Epson, HP, Canon, Lexmark, Brother dan lainnya adalah formulasi pabriknya sendiri dan tidak dijual bebas dipasaran, kecuali dalam bentuk cartridge yang siap pakai untuk printer desktopnya (kecuali Epson tipe L-100 dan L-200).

Dalam printer jenis Inkjet, jenis tinta sangat mempengaruhi kinerja printer, terutama dalam kecepatan mencetak (line per minute). Semakin cepat speed-nya, maka harus semakin cepat kering tintanya. Ini penting saat kertas halaman baru menimpa kertas halaman lama.

Printer dengan teknologi Bubble Jet, adalah teknologi yang menggunakan panas untuk memuaikan tinta sehingga jatuh, sedangkan pada merk Epson menggunakan teknologi MicroPiezo, yang tidak menggunakan panas untuk menjatuhkan tinta, tapi menggunakan getaran crystal.

Dan ketika pabrik printer merilis printernya, maka pabrik tinta mempelajari formulasi tinta dan bereksperimen membuat tinta alternatif yang cocok. Dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan membuat tinta, mereka pun berusaha membuat tinta yang sesuai dengan kebutuhan printernya. Pasalnya, ada banyak jenis printer di pasar, maka sebagai konsekuensinya, pabrik tinta akan berusaha membuat tinta alternatif dan spesifik dan sesuai dengan produk printer yang diproduksinya. Artinya? jumlah tinta akan cukup banyak, sebanyak jumlah cartridge atau printer yang ada. Tinta ini disebut tinta Spesifik. Dan tinta Finest-Ink adalah tinta spesifik.

Related posts