Perawatan Luka dengan Dressing - Dunia Kedokteran

Penanganan perawatan luka telah mengalami perubahan berarti dalam dua dekade terakhir ini. Perkembangan teknologi modern menjadi pendorong utama dalam perubahan penanganan perawatan luka secara modern. Teknologi TLC dari Urgo Medical menciptakan dressing inovatif yang menjaga kelembaban luka dan mempercepat waktu penyembuhan luka.

NERACA

Luka adalah hal umum yang kerap terjadi pada manusia, baik bayi dan anak-anak, orang dewasa hingga para manula dalam keseharian. Mulai dari luka tergores karena jatuh, luka teriris pisau, luka akibat kecelakaan, luka bakar, luka bekas operasi hingga luka kronis karena berbagai macam penyakit seperti kanker atau diabetes. Karena itu, perawatan luka pun mungkin telah menjadi hal rutin yang dilakukan masyarakat awam maupun para pekerja medis di berbagai klinik dan rumah sakit.

Menurut Dokter spesialis luka yang telah mendapatkan sertifikasi dari America Board of Wound Management dr. Adisaputra Ramadhinara, CWSP, FACCWS mengatakan, meski luka dekat dengan keseharian kita namun merawat luka bukanlah hal yang sepele. Perawatan luka yang salah bukan hanya mengakibatkan waktu penyembuhan yang lambat namun dapat makin memperparah luka.

“Luka yang tak terawat dengan baik dapat terkontaminasi mikroba, mengalami infeksi lokal dan meluas menjadi infeksi sistemik bahkan bisa berakibat fatal bagi pasien. Hal ini tentu akan membuat penderitaan pasien akan berkepanjangan dan tidak nyaman,” kata dr. Adisaputra.

Lebih jauh dr Adisaputra mengatakan bahwa tujuan dari perawatan luka adalah untuk menghentikan pendarahan, mencegah infeksi, menilai kerusakan yang terjadi pada struktur yang terkena dan untuk menyembuhkan luka. Dan setiap luka memiliki manajemen perawatan yang berbeda-beda, perawatan luka tergores berbeda dengan perawatan luka terbakar atau luka kronis.

“Saat ini, metode perawatan luka telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan kemajuan di bidang teknologi menjadi salah satu pendorong utama hadirnya produk perawatan luka yang lebih baik,” katanya.

Modern Dressing Berteknologi Inovatif: TLC

Berbeda dengan metode perawatan luka konvensional, maka metode perawatan luka modern menciptakan lingkungan yang lembab dengan menggunakan modern dressing seperti hydrokoloid.

Menurut perwakilan Urgo Medical, Mr. Paul Argant, salah satu modern dressing yang mulai diperkenalkan di pasar kesehatan dunia termasuk di Indonesia adalah dressing UrgoTul yang diproduksi oleh Urgo Medical.

Dressing UrgoTul ini dikembangkan dengan menggunakan Technology Lipido-Colloid (TLC) yang hak patennya dimiliki oleh Urgo Medical. Dressing berteknologi paling inovatif TLC, UrgoTul merupakan dressing yang dibuat dari jaring polyester non oklusif yang disusun dari partikel hyhdrocolloid dan lipophylic untuk memberi banyak manfaat dalam proses penyembuhan luka.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan produk dressing UrgoTul ini adalah menciptakan proses penyembuhan dengan cara membuat lingkungan lembab di sekitar luka. UrgoTul yang berteknologi inovatif TLC ini terbukti mampu menjaga kelembaban hingga 80% setelah 24 jam menempel pada luka.

Dibandingkan dressing lain yang ada di pasar yang hanya mampu menjaga tingkat kelembaban sebesar 20% saja. Sehingga dressing berteknologi inovatif TLC ini bisa dapat digunakan selama 4 hari sebelum proses penggantian. Dampaknya adalah, dressing UrgoTul dapat mengurangi frekuensi penggantian dressing sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, dressing UrgoTul pun tidak menimbulkan rasa sakit saat penggantian.

Menurut dr. Martin Kristiandi, Sales & Marketing Director PT Mahakam Beta Farma hasil riset yang dilakukan pada 585 responden setelah penggunaan produk UrgoTul menunjukkan bahwa 73% mengaku puas setelah menggunakan dressing berteknologi inovatif TLC. Sebanyak 98% mengatakan bahwa produk ini tidak menimbulkan sakit saat penggantian dan 94% mengakui bahwa produk ini tidak melekat pada luka.

Tak heran kalau 99% responden mengaku tidak mengalami trauma pada luka yang baru sembuh. “Saya telah mencoba dressing UrgoTul untuk menyembuhkan luka pasca operasi. Hasilnya sungguh luar biasa, saya tidak merasa sakit saat dressing diganti dan proses penyembuhan pun terbukti lebih cepat,” ungkap Pak Goni Rahmadi (63 Tahun), salah satu pasien yang telah menggunakan produk UrgoTul.

Related posts