Kunyit Dapat Menyembuhkan Maag

NERACA. Tumbuhan yang tumbuh subur di Indonesia ternyata banyak memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang di derita. Mulai dari diabetes, kurang darah, sakit perut dan maag dapat disembuhkan oleh aneka hayati seperti jahe, lengkuas, dan kunyit. Ternyata setelah diteliti tanaman tersebut memiliki kandungan bermanfaat sebagai anti bodi/zat yang dibutuhkan untuk mengatasi sifat-sifat tertentu ada di dalam tubuh.

Hal itu dapat di lihat pada orang yang menderita penyakit maag sebagai salah satu contoh. Umumnya orang yang terserang maag melakukan pengobatan melalui perobatan ke dokter dan mengkonsumsi obat-obatan atas resep dokter tersebut. Selain mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter, ternyata penyakit ini bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi kunyit, yang banyak ditemukan di setiap dapur di rumah.

Salah satu dari sekian banyak tanaman yang telah diteliti untuk digunakan sebagai obat sakit maag, di antaranya adalah kunyit. Kenapa kunyit? Kunyit atau yang dikenal dengan bahasa latinnya Curcuma longa atau C domestica, merupakan tanaman yang bisa menyembuhkan penyakit maag yang telah dikenal masyarakat. Hasil penelitian telah dilakukan pada 1953 yang menemukan kandungan yang ada pada kunyit memiliki unsuru-unsur yang bisa menyembuhkan luka. Percobaan pernah dilakukan pada seekor hewan berpembuluh panas seperti tikus dan kelinci, dengan daya penyembuhan mencapai 24,4 persen pada tikus dan 23,3 persen pada kelinci.

Tentu saja penemuan tersebut menjadi pengkajian lebih mendalam untuk meneliti kandungan-kandungan dan sifat-sifatnya. Lebih lanjut, ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit diberi secara oral pada kelinci dan hasilnya, dapat menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung. Zat tersebut dapat menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, menyembuhkan infeksi selaput lendir lambung, sehingga mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir karena kekejangan otot dinding pada lambung.

Untuk memberi kesembuhan maka konsumsi kunyit yang telah diolah menjadi ekstrak minuman, penderita biasanya dianjurkan untuk mengurangi porsi makan tetapi tidak boleh telat waktu. Selain itu, umbi kunyit bisa dicampur dengan tanaman obat lain yang mengadung unsur demulcent, antasid, dan astringent. Contoh pembuatannya sekitar 160-165/kg batang kunyit untuk dibuat sebagai jus, sedang 10-12gram/kg batang kunyit untuk dibuat sebagai bubuk kunyit.

Curcumin dalam kunyit, efektif mencegah dan memperbaiki luka lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin. Umumnya orang menggunakan obat penghilang rasa sakit, tetapi bila dilakukan dalam waktu lama dan terus menerus untuk jangka panjang dapat merusak tubuh. Tubuh akan mengalami luka di lambung, stroke, serangan jantung, kerusakan ginjal, pendarahan di perut dan sebagainya. Beberapa herbal dapat dijadikan obat penghilang rasa sakit secara alami tanpa efek samping, baik secara oral atau diminum.

Ada beberapa jenis herbal yang dapat dijadikan obat penghilang rasa sakit alami tanpa efek samping dengan penggunaan oral atau diminum. Pertama kunyit. Umumnya banyak digunakan untuk bumbu dapur. Kunyit memiliki kandungan curcumin, yang bisa mencegah peradangan dan menghilangkannya. Selain itu, berguna untuk menghilangkan rasa sakit kronis karena rheumatoid arthritis. Ternyata sifat anti-inflamasi yang ada pada kunyit dapat membantu mengobati penyakit jantung dan diabetes.

Jadi, kunyit yang selama ini dikenal hanya untuk bumbu dapur, ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyembuhkan berbagai penyakit terutama pada penyakit maag. Kandungan yang memiliki zat yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit akibat luka pada lambung, merupakan zat yang penting.

Disamping itu, kunyit bila di olah menjadi obat herbal tidak terasa pahit dilidah, sehingga orang yang mengkonsumsinya tidak merasa takut dengan rasa pahit. Apalagi pembuatan obat herbal dari bahan kunyit bisa dicampur dengan bahan lain untuk memberi rasa yang bisa diterima oleh lidah. Dengan takaran yang tepat kunyit dapat disajikan sebagai minuman yang menyehatkan dan bisa menyembuhkan penyakit maag.

Related posts