Keunggulan Jamu Tradisional

NERACA. Jamu merupakan warisan budaya yang sangat berjasa bagi kesehatan dan kini pengolahan jamu telah dilakukan secara higienis dan telah terdaftar di departemen kesehatan. Sebagai suatu apresiasi yang besar bagi pertumbuhan jamu yang dulunya dikenal sebagai kelas tradisional.

Kini, jamu telah memasuki kemajuan melalui pengembangan teknologi yang mengutamakan bahan alami yang diolah dari nutrisi dan gizi yang berguna bagi kesehatan dan kesembuhan untuk suatu penyakit. Hal itu tidak lepas dari berbagai penelitian kesehatan dan obat yang tidak mengandung efek negative dari bahan jamu itu sendiri.

Penggunaan teknologi.jamu atau obat-obatan tradisional Indonesia telah diupayakan untuk mendapat pengakuan sebagai pusaka dunia atau world heritage dari UNESCO/hak paten. Produk unggulan yang menjadi salah satu ikon sebagai jamu yang bermutu adalah berbagai ramuan berbahan dasar temulawak.

Ini sejalan dengan program kementerian Kesehatan dan lingkungan hidup untuk menjadikan jamu sebagai obat herbal yang higienis. Memanfaatkan sumber alam yang melimpah, jamu akan memiliki daya saing tinggi dengan obat-obatan yang mengandung unsur kimia membahayakan kesehatan tubuh. Apalagi bahan dasar jamu tidak sulit ditemukan karena beraneka macam flora ada di tanah air dan mudah dibudidayakan.

Jadi, bila jamu di produksi secara massal tentu tidak akan kekurangan bahan pokok dalam pembuatan jamu melalui mesin yang berteknologi mutakhir. Keuntungan menggunakan mesin berteknologi salah satunya adalah semua bahan dapat digunakan, nutrisi dan gizi yang terkandung didalamnya akan lebih terjaga kandungannya.

Seperti temulawak sebagai bahan produk jamu yang memiliki keunggulan karena khasiat yang terkandung didalamnya. Bahkan temulawak dapat bersaing dengan ginseng dari Korea yang telah dikenal diberbagai negara didunia. Keunggulan ini merupakan suatu potensi luar biasa bagi pertumbuhan pengobatan didunia kesehatan.

Khasiat yang dimiliki oleh jamu ternyata mampu menyembuhakan dan mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit berat bisa terobati. Kemudian dari penelitian dibidang kesehatan sangat mendukung pengembangan produk jamu menjadi bahan obat memenuhi standar kesehatan. Saat ini, bahkan Presiden Republik Indonesia mendukung program pengembangan jamu tradisional menjadi jamu yang bermutu dengan dukungan peralatan teknologi kesehatan.

Peningkatan penelitian untuk pemanfaatan jamu telah dilakukan secara intensif dan pendekatan kepada masyarakat pun terus dilakukan dalam upaya pengenalan dan penggunaan jamu sebagai obat herbal yang higienis. Disamping itu, pemerintah juga telah mengupayakan perlindungan kepada para petani tanaman obat-obatan dan mempermudah berbagai kebutuhan petani sampai tingkat pemasaran.

Perlindungan kepada para petani tanaman obat-obatan sangat penting sebagai penyedia bahan baku. Belakangan memang bahan baku jamu sulit didapat karena sedikitnya budidaya yang dilakukan oleh petani. Beberapa varietas unggul bahan baku jamu yang terus ditingkatkan pembudidayaannya antara lain jahe merah jahira, jahe besar, kunyit turina serat kencur galesia.

Memang penggunaan jamu untuk obat penyembuhan masih sedikit dibandingkan dengan obat-obatan kimiawi yang telah digunakan oleh masyarakat selama ini. Akan tetapi dalam penggunaan dan pengembangan jamu di masyarakat masih sangat efektif. Walau kebanyakan masih memanfaatkan jamu sebagai obat pencegah sakit bukan untuk mengobati penyakit.

Inovasi dan pengembangan obat herbal dan jamu sanatlah penting dalam mengantisipasi kemajuan jaman yang terus berkembang dan maju terutama dibidang kesehatan. Berbagai khasiat yang ditemukan pada tanaman, akar-akaran, buah dan tumbuhan merupakan bahan baku obat dalam dunia kesehatan. Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga dalam hidup, sehingga perlu perawatan dan penyembuhan bagi tubuh yang terserang penyakit.

Kemajuan dunia medis mau tidak mau mendorong jamu sebagai obat herbal yang dapat bersaing dengan obat kimia terus ditingkatkan. Peningkatan tersebut juga untuk menghadapi persaingan bebas agar dunia medis tetap mendapat keuntungan selain tetap memberi jaminan kesehatan kepada masyarakat, sehingga jamu menjadi standar keamanan dalam dunia kesehatan.

Related posts