Mengubah Tampilan Hunian Dengan Wallpaper Dinding - Memilih Warna, Motif Hingga Gambar Wallpaper

Bila sudah jenuh dengan tampilan dan warna cat dinding hunian yang begitu-begitu saja, itu tkitanya kita harus merenovasi tampilan dinding hunian kita. Banyak cara dalam merenovasi tampilan dinding hunian kita, salah satunya memberikan warna cat baru kepada tampilan dinding hunian kita, namun mengecat memang membutuhkan biaya yang tidak murah, selain itu mengecat juga cukup merepotkan, kita harus memindahkan barang-barang agar terhindar dari tetesan cat.

Pilihan warna cat yang begitu-begitu saja juga terkadang membuat bosan saat beberapa waktu setelahpengecatan. Memilih menggunakan wallpaper mungkin menjadi pilihan yang tepat. Dalam pemilihan wallpaper memang sebaiknya disesuaikan dengan karakter bentuk hunian, fungsi dari ruangan dan atau karakter dari si pemilik hunian itu sendiri. Ingat setiap warna membawa karakter atau kesan masing-masing.

Sebaliknya pilihlah warna yang terang bila memang konsep hunian kita minimalis. Sementara jika hunian Kita bergaya oriental, warna yang bernuansa gold atau merah mungkin menjadi pilihan warna yang tepat. Kebanyakan orang memilih motif minimalis, karena memang kebanyakan hunian sekarang telah berkonsep minimalis, sederhana tapi terlihat modern. Wallpaper minimalis modern biasanya didominasi warna-warna natural seperti putih, abu-abu, silver, krem, cokelat hingga ungu.

Dalam pemilihannya, Wallpaper minimalis kebanyakan berwarna terang, ini untuk menyiasati ruangan yang kecil. Warna terang akan membuat ruangan jadi terlihat luas, Untuk hunian minimalis dengan ruangan sempit, untuk memilih wallpaper berwarna terang dengan corak dan motif yang kecil. Sedangkan jika memiliki ruang luas, maka penghuninya memiliki kebebasan untuk bereksplorasi dengan warna gelap dan corak yang besar.

Setiap ruangan dalam hunian memiliki fungsi berbeda, karena itulah wallpapernya pun berbeda pula. Sebagai contoh antara ruang tidur orang dewasa dan anak-anak. Jika orang dewasa lebih memilih motif simple, tapi kalau anak-anak harus dibuat lebih berwarna-warni yang mampu memancing kreativitas mereka.

Wallpaperdipasang dengan cara ditempelkan pada dinding dengan menggunakan lem khusus. Sebelumnya, bersihkan dinding dan pastikan agar dinding kering untuk mempermudah pemasangan. Untuk dinding yang sudah bercat, sebaiknya bersihkan dinding dari cat lama dan gunakan plamur. Bila ada bagian dinding yang retak sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu agar hasilnya baik.

Wallpaper memang sering dikait-kaitkan dengan kesehatan, selain memilih warna dan motif, yang patut diperhatikan saat Kita akan memilihwallpaperadalah mempertimbangkan faktorkesehatan. Salah satunya, perhatikan jenis pelarut warna yang digunakan untuk menghasilkan warna dan motif padawallpaper. Apakahwallpapertermasukwater basedatausolvent based.

Water basedjika pewarna menggunakan bahan dasar air. Sedangkan,solvent based adalah wallpaper yang menggunakan pewarna berbahan dasar tiner. Kandungan yang terdapat dalam tiner dapat menempel padawallpaperdan akan menimbulkan bau tiner pada ruangan setelah dipasang pada dinding.

Akibatnya, bila Kita dan keluarga setiap hari mencium bau ini dan menimbulkan polusi udara dalam hunian yang tentu tidak baik untuk kesehatan. Saat akan membeliwallpaper, cobalah untuk mencium apakah gulungan wallpaperberbau tiner atau tidak untuk mengetahui aman tidaknyawallpapertersebut bagi kesehatan.

Pastikan jugawallpaper yang kita pilihtidak mengandung logam berat yang beracun seperti merkuri atau timbal yang dapat membahayakan kesehatan. Kita juga dapat memilihwallpaperyang mendukung kesehatan, karena saat ini ada pulawallpaperyang dapat membunuh bakteri yang terdapat di udara, menetralisir udara kotor. Dengan begitu hunian Kita akan semakin menarik dengan kehadiranwallpaper, dengan begitu kita akan merasakan kenyamanan pada hunian kita lebih dari sebelumnya.

BERITA TERKAIT

Zurich Jamin Kesehatan Hingga Rp30 miliar - Luncurkan Produk Critical Advantage

    NERACA   Jakarta - Zurich Indonesia meluncurkan produk asuransi untuk penyakit kritis yaitu Zurich Critical Advantage (ZCA). Produk…

DEFISIT APBN MELEBAR HINGGA RP 135 TRILIUN LEBIH - Menkeu: Pertumbuhan Semester I Capai 5,1%

Jakarta-Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di semester I-2019 mencapai  5,1%.  Angka ini berdasarkan perhitungannya terhadap kontribusi…

Depok Tingkatkan Pelayanan Publik dengan Teknologi Informasi

Depok Tingkatkan Pelayanan Publik dengan Teknologi Informasi NERACA Depok - Pemerintah Kota Depok berusaha memperbaiki layanan publik dengan memanfaatkan teknologi…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Kebijakan Relaksasi Pajak Bisa Lesatkan Apartemen Kelas Atas dan Mewah

Kebijakan Relaksasi Pajak Bisa Lesatkan Apartemen Kelas Atas dan Mewah NERACA Jakarta - Kebijakan relaksasi pajak yang baru dikeluarkan oleh…

Investasi Properti Diperkirakan Terdampak Perang Dagang AS-China

Investasi Properti Diperkirakan Terdampak Perang Dagang AS-China   NERACA Jakarta - Investasi sektor properti diperkirakan bakal terdampak perang dagang antara Amerika…

Properti di Indonesia Bakal Meningkat Pascapemilu

Properti di Indonesia Bakal Meningkat Pascapemilu NERACA Jakarta - CEO Crown Group (pengembang properti di Australia) Iwan Sunito mengatakan bisnis…