Memaksimalkan Dampak Positif Internet Untuk Anak

Internet memang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan, terutama dalam kegiatan pendidikan. Dengan adanya internet, kini segala sesuatu dapat kita ketahui dengan mudah. Namun internet terkadang dirasa masih sangat kurang aman untuk anak-anak yang masih dibawah umur. Beragam konten negatif masih kerab ditemui dalam internet. Edukasi tentang penggunaan internet dengan tepat menjadi salah satu hal yang penting.

Pantauan orangtua sangat diperlukan saat anaknya berselancar internet. Pasalnya, segala macam informasi tersedia, mulai dari kebutuhan anak hingga kebutuhan orang dewasa yang akan berdampak kurang jika di akses anak yang belum cukup umur.

Namun kita pun perlu waspada ataupun khawatir kepada anak kita atau saudara kita yang masih kecil, kebebasan dalam internet memang terkadang sangat sukar untuk dibatasi. Segala macam informasi pun ada diinternet, dari kebutuhan anak-anak hingga kebutuhan informasi orang yang sangat dewasa sekali

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berencana membentuk panel terkait dengan laporan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan lembaga masyarakat lainnya mengenai dampak negatif dari penggunaan internet.

Kita akan bentuk panel untuk membatasi situs-situs yang tidak kita inginkan, apakah itu masalah child abuse, SARA dan sebagainya, kata Rudiantara, Rabu (11/2).

Dijelaskannya, panel tersebut akan diisi oleh orang-orang yang sesuai dan ahli di bidangnya. Panel itu akan dimintakan pendapatnya terkait dengan situs yang membahayakan, untuk dilakukan pemblokiran. Namun, Rudiantara tidak menjelaskan kapan panel itu akan dibentuk.

Selain itu, dalam internet juga banyak dampak negatif yang bisa ditimbulkan khususnya bagi anak-anak. Hal ini dibuktikan denganbanyaknya kasus-kasus yang diakibatkan dampak negatif dalam menggunakan internet, seperti "net addict", "cyber bullying", dan "sexting".

Kita ada perwakilan yaitu orang-orang yang secara publik punya kapasitas, bukan Kominfo yang memfilter untuk block atau tidak, jelasnya.

Dia menambahkan, tidak hanya melibatkan orang-orang yang mempunyai kapasitas yang tak diragukan lagi, melainkan akan turut melibatkan peran masyarakat itu sendiri.

Media digital memang membuka peluang untuk kemajuan sekaligus mengandung risiko sosial yang tinggi. Salah satunya adalah lumpuhnya sikap dan keterampilan sosial di kalangan generasi muda. Masyarakat boleh melaporkan, bukan soal Kominfo yang memblok atau tidak. Kita aka bawa ke panel agar governance-nya bagus, kata Rudiantara seraya berharap dengan dibentuknya panel ini tak ada masalah lagi ke depannya.

Namun kita juga tidak boleh menutup mata bahwa internet memiliki segudang dampak yang baik khususnya dalam tumbuh kembang si anak, Internet juga dapat membuat pola pikir anak menjadi lebih terbuka, selain itu Internet bisa menumbuhkan daya kreativitas anak. Dengan banyak duduk di depan komputer untuk mengakses internet, maka anak akan memiliki koordinasi yang baik antara mata, otak, dan tangan. Kemampuan kognitif memori anak bisa berkembang dengan pesat bila anak sering mengakses internet.

Internet juga bisa memberikan dampak yang positif bagi anak dalam memecahkan masalah yang sedang mereka hadapi. Dengan sering berhubungan dengan dunia internet, membuat anak menjadi lebih bisa berfikir kritis dan berkonsentrasi pada suatu hal. Internet bisa mengasah kemampuan anak dalam bidang verbal dan non verbal, selain itu bisa membuat anak berfikir logis.

BERITA TERKAIT

Komitmen Indosat Sebarkan Pesan Positif - Menyelamatkan Generasi Muda Lewat Bijak Bersosmed

Di era digital saat ini, berbagai macam informasi mudah didapatkan yang tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Dibalik pluas…

Dukung Program Penghapusan Stunting - Indocement Beri Makanan Tambahan Anak Sekolah

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan dan juga dukungan kepada pemerintah dalam menghapus stunting atau gizi buruk, manajemen industri…

Bandara Soetta Siapkan 10 TPS untuk Wisatawan

Pemilu 2019 akan dilangsungkan pada Rabu (17/4). Momen ini merupakan ajang yang ditunggu oleh sebagian besar rakyat Indonesia, meskipun beririsan…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…

Software Bajakan Disebut Sulit Dibrantas di Indonesia

Maraknya penggunaan software tidak berlisensi atau bajakan untuk kebutuhan bisnis maupun perorangan sudah semakin meresahkan. Berdasarkan data dari BSA I…

Jelang Pilpres, 771 Konten Hoax Warnai Dunia Maya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)mengidentifikasi 771 hoax pada periode Agustus 2018 hingga Februari 2019 di jagat maya, paling banyak berkaitan…