Yamaha NMAX Vs Honda PCX - Persaingan Yamahan-Honda Kian Panas di Segmen Matic

Tak pahtah arang persaingan duo pabrikan motor ini seakan semakin memanas di tahun 2015. Tak mau ketinggalan di segala segmentasi pasar yang ada, keduanya saling berlomba- lomba memberikan produk terbaiknya. Salah satu segemen baru yang menjadi persaingan diantara keduanya adalah di sektor motor matic bongsor.

NERACA

Babak baru persaingan abadi antar pabrikan motor asal Jepang Yamaha dan Honda Kian seru. setelah keduanya terlibat pertarungan yang sengit di kelas motor sport 150 cc.

Kini Yamaha kembali menantang Honda di kelas Scooter matic Premium setelah Yamaha meluncurkan produk terbarunya di kelas Matic yang di beri nama Yamaha NMAX.

Tak pelak produk terbaru Yamah tersebut akan berhadapan langsung dengan Honda PCX 150 yang telah lebih dulu mengaspal di jalanan. Pada acara peluncuran Yamaha NMAX yang berlangsung di sentul tersebut, Yamaha langsung membeberkan beberapa keunggulan Motor Matic berbadan bongsor tersebut.

Selain diberi sentuhan desain mesin yang baru yang mereka sebut Blue Core yang di klaim Yamaha sangat Efisien dalam konsumsi bahan Bakar dengan tenaga yang di hasilkan sangat optimal, Yamaha NMAX juga dilengkapi dengan teknologi VVA yaitu singkatan dari Variable Valve Actuation adalah salah satu fitur yang ada pada mesin Yamaha NMAX yang dapat mempertahan kan tenaga dari kecepatan rendah hingga tinggi.

Selain itu untuk menghasikan akselerasi yang optimal, Yamaha NMAX juga di lengkapi oleh empat katup yang masing-masing berfungsi dua untuk masuk dan dua untuk buang.

Dilihat dari segi tampilan luarnya, Honda PCX 150 memang memiliki tampilan yang lebih elegan berkat adanya lampu utama yang terintegrasi langsung dengan lampu sain. Sementara untuk New Yamaha Nmax 150 lampu depanya terpisah dengan lampu sainya. Namun keduanya sama- sama mengadopsi teknologi lampu depan LED DRL.

Perbedaan lagi dari motor ini adalah pada dimensinya, New Yamaha Nmax 150 memiliki desain bodi yang lebih panjang yakni 1955 mm, lebar 740 mm, dan tingginya 1.115 mm. Sedangkan untuk Honda PCX memiliki dimensi panjang 1.917 mm, lebar 738 mm dan untuk tingginya hanya 1.094 mm.

Sementara itu untuk sektor dapur pacunya, kedua matic bongsor tersebut kelihatanya tidak jauh berbeda. Pada Honda PCX 150 dibekali dengan mesin berkapasitas 152,9 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,67 kw pada putaran 8.500 rpm sementara torsi maksimumnya adalah 13,1 Nm.

Sedangkan untuk New Yamaha Nmax 150 dibekali denga mesin berkapsitas 155 cc yang mampu menghembuskan tenaga sebesar 11,1 kw pada putaran 8000 rpm dan torsi puncak mencapai 14,3 Nm.

Kedua matik bongsor pabrikan motor terbesar di Indonesia ini, bisa dipastikan lahir di negara berbeda.

Yamaha NMAX 155 cc merupakan produk global model kedua yang diproduksi di Indonesia. Karena Yamaha Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan setelah memproduksi global model YZF-R25.

Lain dengan Honda PCX, Honda Indonesia mendatangkannya secara CBU langsung dari Thailand.

Segi Teknologi

NMAX berteknologi VVA (Variable Valves Actuation) yang pertama kali diterapkan pada motor di dunia, motor matic pertama di pasar ASEAN yang dilengkapi sistem ABS (Anti-lock Brake System) yang diadopsi dari motor sport besar.

Dan tidak lupa Yamaha juga ikut menyelipkan teknologi mesin High Tech Blue Core, VVA (Variable Valves Actuation), 4 valve, Radiator, CVT, Diasil Cylinder & Forged Piston.

Fitur-fitur berkelas yaitu rear disc brake, 4 valve, dan fuel digital speedometer yang dapat menunjukkan instant fuel consumption (real time) dan average fuel consumption (rata-rata).

Speedometer NMAX juga dilengkapi MID (Multi Information Display) dengan fitur terbarunya Oil Trip Meter yang berfungsi menunjukkan jarak yang telah dicapai saat indikator bahan bakar di sebelah kanan speedometer telah berkedip dan V-Belt Trip yang berfungsi menginformasikan jarak pemakaian V-Belt CVT.

Denagn kapasitas mesin 155 cc dengan harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan Honda PCX, yaitu sebesar Rp27,4 juta on-the-road Jabodetabek. Yamaha NMAX diramalkan akan menjadi pesaing terberat Honda PCX 150 di kelas Scooter Premium

 

 

 

BERITA TERKAIT

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…