BPPT Dapat Jatah Honda City CNG

NERACA

PT Honda Prospect Motormendonasikan satu unit Honda City CNG kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di kawasan Puspitek BPPT, Serpong, Tangerang, Benten, Senin, 16 Februari 2015. UnitHonda City CNGtersebut digunakan sebagai unit riset untuk edukasi dan pengembangan teknologienergi bahan bakar alternatif, khususnya gasdi Indonesia.

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, Honda City CNG merupakan sebuah terobosan dalam teknologi otomotif yang cocok untuk diterapkanuntukwaktu mendatang, dengan kombinasi antara efisiensi bahan bakar serta emisi yang bersahabat dengan lingkungan.

“Kami berharap Honda City CNG ini dapatdimanfaatkan sebaik-baiknya untuk dipelajari, sebagai salah satu kendaraandengan energi bahan bakaralternatif yang sesuai untuk dapat diterapkan ke depannya,” kata Tomoki.

Sedangkan Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy mengatakan, melalui program Honda for Indonesia, Honda selalu aktif untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik di Indonesia, mulai dari upaya perbaikan lingkungan hingga transfer teknologi baru yang ramah lingkungan.

“Tak hanya itu, semua produk Honda yang dipasarkan saat ini telah memenuhi syarat emisi EURO 4 yang ramah lingkungan. Dengan terus berinovasi, seperti melalui mobil CNG, Hybrid dan listrik, Honda juga telah siap mendukung program untuk alternatif bahan bakar yang lebih ramah lingkungan,” terang Jonfis.

Sedangkan Honda City CNG sendiri pertama kali diperkenalkan di Thailand pada tahun 2012. Honda City CNG merupakan terobosan baru untuk sebuah mobil jenis sedansubcompact. Honda City CNG menggabungkan dua konsep pengembangan yaitu “New Value of CNG” dan “Exceed Proud Sedan”.

Honda City CNG menggunakan mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua buah sumber tenaga, yaitu mesin bertenaga bensin (konvensional) dan CNG. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 120 PS untuk mesin bertenaga bensin, dan 102 PS untuk CNG pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 12.9 kg.m pada putaran mesin 4.800 rpm.

Pengemudi dapat memilih mode berkendara dengan mesin bensin maupun CNG yang terdapat pada Honda City CNG dengan menekan mode switch pada bagian kanan di sebelah setir. Indikator lampu berwarna hijau pada mode switch menandakan kendaraan sedang berada pada mode berkendara CNG.

Honda City CNG mempunyai penambahan perangkat pada mesin berupa tangki gas berkapasitas 42 liter yang terdapat pada bagasi mobil, CNG Switch yang terletak pada bagian kanan di sebelah setir,High-PressurePiping, ECU tambahan, CNGInjector,PressureRegulator, serta tambahanliduntuk bahan bakar gas (BBG) yang terletak di atasliduntuk bahan bakar bensin.

Honda City CNG sudah memenuhi standar emisi EURO 4. Honda City CNG menggunakan sistem transmisi 5 AT dilengkapi dengan fitur Grade Logic Control serta fitur Electric Power Steering. Berbagai fitur keselamatan seperti G-CON + ACETM, ABS + EBD, Dual SRS Airbags, serta Seatbelt dengan Pretensioner Load Limiter dan Neck Shock Mitigation System juga terdapat pada Honda City CNG. Honda City CNG saat ini hanya dijual untuk Pasar Thailand.

BERITA TERKAIT

Dunia Usaha - Produksi Karet Dapat Bertambah Lewat Peningkatan Produktivitas

  NERACA Jakarta – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Arief Nugraha mengatakan, produksi karet nasional masih dapat bertambah…

Dinilai Bukan Kantor Akuntan Publik - Lembaga Ernst & Young Dapat Dikenakan Pidana

NERACA Jakarta-  Di balik keberhasilan PT Ernst And Young Indonesia (PTEY) melakukan audit investigatif terhadap laporan kinerja keuangan PT Tiga…

Dampak Bisnis Properti Lesu - Laba dan Pendapatan Sentul City Terkoreksi

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Sentul City Tbk (BKSL) mencatatkan laba bersih sebesar Rp335,85 miliar atau turun 27,76% dibanding periode…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Ford Hentikan Produksi Varian C-MAX untuk Efisiensi

Ford memutuskan untuk menghentikan produksi hatchback C-Max dan minivan C-Max Mav di Jerman sebagai bagian dari efisiensi dan pengurangan biaya…

Nissan Tuntas Jual Divisi Baterai Kendaraan Listrik

Nissan Motor Co, Ltd tuntas menjual anak usahanya yang selama ini memproduksi baterai kendaraan listrik, dan transaksinya diselesaikan belum lama…

DFSK Glory 560 Dijual dengan Harga Mulai Rp210 Juta

Manufaktur otomotif China Dongfeng Sokon (DFSK) mengumumkan produk terbaru DFSK Glory 560 akan dijual mulai Rp210 juta hingga Rp270 juta.…