BPPT Dapat Jatah Honda City CNG

NERACA

PT Honda Prospect Motormendonasikan satu unit Honda City CNG kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di kawasan Puspitek BPPT, Serpong, Tangerang, Benten, Senin, 16 Februari 2015. UnitHonda City CNGtersebut digunakan sebagai unit riset untuk edukasi dan pengembangan teknologienergi bahan bakar alternatif, khususnya gasdi Indonesia.

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, Honda City CNG merupakan sebuah terobosan dalam teknologi otomotif yang cocok untuk diterapkanuntukwaktu mendatang, dengan kombinasi antara efisiensi bahan bakar serta emisi yang bersahabat dengan lingkungan.

“Kami berharap Honda City CNG ini dapatdimanfaatkan sebaik-baiknya untuk dipelajari, sebagai salah satu kendaraandengan energi bahan bakaralternatif yang sesuai untuk dapat diterapkan ke depannya,” kata Tomoki.

Sedangkan Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy mengatakan, melalui program Honda for Indonesia, Honda selalu aktif untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik di Indonesia, mulai dari upaya perbaikan lingkungan hingga transfer teknologi baru yang ramah lingkungan.

“Tak hanya itu, semua produk Honda yang dipasarkan saat ini telah memenuhi syarat emisi EURO 4 yang ramah lingkungan. Dengan terus berinovasi, seperti melalui mobil CNG, Hybrid dan listrik, Honda juga telah siap mendukung program untuk alternatif bahan bakar yang lebih ramah lingkungan,” terang Jonfis.

Sedangkan Honda City CNG sendiri pertama kali diperkenalkan di Thailand pada tahun 2012. Honda City CNG merupakan terobosan baru untuk sebuah mobil jenis sedansubcompact. Honda City CNG menggabungkan dua konsep pengembangan yaitu “New Value of CNG” dan “Exceed Proud Sedan”.

Honda City CNG menggunakan mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua buah sumber tenaga, yaitu mesin bertenaga bensin (konvensional) dan CNG. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 120 PS untuk mesin bertenaga bensin, dan 102 PS untuk CNG pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 12.9 kg.m pada putaran mesin 4.800 rpm.

Pengemudi dapat memilih mode berkendara dengan mesin bensin maupun CNG yang terdapat pada Honda City CNG dengan menekan mode switch pada bagian kanan di sebelah setir. Indikator lampu berwarna hijau pada mode switch menandakan kendaraan sedang berada pada mode berkendara CNG.

Honda City CNG mempunyai penambahan perangkat pada mesin berupa tangki gas berkapasitas 42 liter yang terdapat pada bagasi mobil, CNG Switch yang terletak pada bagian kanan di sebelah setir,High-PressurePiping, ECU tambahan, CNGInjector,PressureRegulator, serta tambahanliduntuk bahan bakar gas (BBG) yang terletak di atasliduntuk bahan bakar bensin.

Honda City CNG sudah memenuhi standar emisi EURO 4. Honda City CNG menggunakan sistem transmisi 5 AT dilengkapi dengan fitur Grade Logic Control serta fitur Electric Power Steering. Berbagai fitur keselamatan seperti G-CON + ACETM, ABS + EBD, Dual SRS Airbags, serta Seatbelt dengan Pretensioner Load Limiter dan Neck Shock Mitigation System juga terdapat pada Honda City CNG. Honda City CNG saat ini hanya dijual untuk Pasar Thailand.

BERITA TERKAIT

Sentul City Raih Indonesia Living Legend Companies Award 2019

Perusahaan properti, PT Sentul City Tbk (BKSL) meraih penghargaan Indonesia Living Legend Companies Award 2019. Penghargaan diberikan kepada perusahaan di…

Hanya 46% Perusahaan Pembiayaan Yang Dapat Manfaatkan DP0%

NERACA Jakarta - Sebanyak 102 perusahaan pembiayaan (multifinance) dinyatakan tidak dapat memanfaatkan pelonggaran uang muka (down payment/DP) menjadi nol persen…

Bertemu Jokowi, Massa PPDI Dapat Fasilitas BPJS dan Penyetaraan Gaji

Bertemu Jokowi, Massa PPDI Dapat Fasilitas BPJS dan Penyetaraan Gaji NERACA Jakarta - Puluhan ribu massa yang tergabung dalam Persatuan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Hadir Dalam Tiga Tipe, All New Camry Lebih Mewah dan Agresif

PT Toyota Astra Motor (TAM) membuka tahun 2019 dengan menghadirkan All New Camry yang diklaim memiliki tampilan lebih mewah dan…

Pabrikan Volkswagen Cetak Rekor Penjualan di 2018

Volkswagen mencetak rekor pada 2018 dengan menjual 6,24 juta kendaraan bermerek VW, terlepas dari masalah pengiriman yang disebabkan oleh aturan…

Ford Rencanakan Teknologi Nirkabel Baru Untuk Mobil

Ford Motor Co mengatakan pada Senin (7/1) bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan teknologi nirkabel untuk model kendaraan baru di Amerika…