Harus Satu Suara Genjot Investor Lokal - Partisipasi AB Dinilai Masih Rendah

NERACA

Jakarta – Belum optimalnya penetrasi pasar modal oleh investor lokal, terus memacu PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi. Bahkan sinergis pihak BEI dengan perusahaan sekuritas atau anggota bursa (AB) akan terus ditingkatkan dalam rangka mendorong pertumbuhan jumlah investor lokal.

Direktur Pengembangan BEI, Friderica Widyasari Dewi mengatakan, meningkatkan jumlah investor lokal tidak bisa dilakukan sendiri tetapi perlu kerjasama yang sinergis dengan perusahaan sekuritas,”Diharapkan perusahaan sekuritas mempunyai semangat yang sama dengan BEI untuk menambahkan jumlah investor," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Dia menilai, pasar modal Indonesia cukup diminati investor asing dan hal itu terlihat dari nilai beli bersih (foreign net buy) pada tahun 2014 lalu yang tercatat sebesar Rp42,597 triliun. Sementara kepemilikan aset investor asing menurut catatan Kustodian Sentral Efek Indoesia (KSEI) pada Desember 2014 sebesar Rp1.895,97 triliun, sedangkan investor lokal Rp1.302,06 triliun.

Sementara sepanjang tahun 2015 ini (11/2), nilai beli bersih asing mencapai Rp3,933 triliun. Sedangkan nilai kepemilikan aset investor asing per Januari 2015 sebesar Rp1.915,04 triliun,”Pasar modal kita diminati asing, itu harus dibarengi juga dengan peningkatan jumlah investor,”ungkapnya.

Kiki mengharapkan, partisipasi Anggota Bursa dalam rangka mendorong pertumbuhan jumlah investor pasar modal domestik dapat lebih meningkat. Saat ini kontribusi AB masih cenderung minim yakni sebesar 32% dari total yang terdaftar di BEI sebanyak 114 Anggota Bursa yang mendukung acara Gemilang Investa Bursa.

Dia menjelaskan, Gemilang Investa Bursa merupakan salah satu kegiatan Bursa yakni sebuah program undian berhadiah yang diperuntukkan bagi investor baru, "existing" investor yang mengajak orang lain menjadi investor di pasar modal serta sales Anggota Bursa,”Partisipasi AB baru 32% dari total AB, maka hanya 35 AB yang baru ikut program Gemilang Investa Bursa,”tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kiki juga mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong kegiatan di Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) di daerah agar keberadaannya dapat lebih dirasakan masyarakat,”Kami menyediakan akses bagi AB yang minat membuka bisnisnya di daerah, akan ada 'reward' bagi yang mau jadi pionir agar investor lebih merata di daerah," katanya.

Tahun ini, BEI menargetkan jumlah investor pasar modal mencapai 2 juta investor. Direktur Utama BEI, Ito Warsito pernah bilang, pihaknya masih akan terus mengupayakan berbagai strategi untuk meningkatkan kinerja pasar modal ke depan. Tidak terkecuali untuk mencapai target 2 juta investor dan kenaikan transaksi di pasar,”Kami optimis nilai transaksi harian saham di Bursa bisa mencapai Rp7 triliun per hari di 2014. Sedangkan jumlah investor, kami inginnya sih dapat mencapai 2 juta dalam beberapa tahun ke depan,” katanya.

Hal terpenting yang harus dilakukan, menurutnya, yaitu dengan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Adapun jumlah investor di pasar modal saat ini yaitu sekitar 408 ribu, dan nilai transaksi harian saham mencapai Rp6,25 triliun. (bani)

BERITA TERKAIT

Mencoblos di Kebayoran Baru, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo: Pemilu Damai & Partisipasi Meningkat

JAKARTA, Ketua umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo memuji pelaksanaan Pemilu 2019 yang berlangsung damai dan meraih animo dan partisipasi masyarakat…

Pemkot Palembang Tekan Angka Kemiskinan Menjadi Satu Digit

Pemkot Palembang Tekan Angka Kemiskinan Menjadi Satu Digit NERACA Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan, terus berupaya menekan…

Perda Tenaga Kerja Lokal di Sumsel untuk Tekan TKA

Perda Tenaga Kerja Lokal di Sumsel untuk Tekan TKA NERACA Palembang - Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemberdayaan dan Penempatan Tenaga…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Pasca Pemilu 2019 - Trafik Layanan Data Ikut Terkerek Naik

NERACA Jakarta – Momentum pemilihan umum (Pemilu) menjadi berkah tersendiri bagi emiten operator telekomunikasi. Pasalnya, trafik layanan data mengalami pertumbuhan…

Pemilu Berjalan Damai - Pelaku Pasar Modal Merespon Positif

NERACA Jakarta – Pasca pemilihan umum (Pemilu) 2019, data perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pekan kemarin menunjukkan respon positif,…

Performance Kinerja Melorot - Mandom Royal Bagi Dividen Rp 84,45 Miliar

NERACA Jakarta – Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) memutuskan untuk membagikan dividen sebesar Rp…