Sepanjang 2014 - Hankook Tire Bukukan Laba Operasional US$979 Juta

NERACA

Meskipun kondisi pasar yang sedang buruk akibat resesi ekonomi global, Hankook Tire membukukan laba operasional sebesar US$979 juta sepanjang 2014, meningkat3,98% dari tahun sebelumnya sebesar US$941,5. Peningkatan laba tersebut didukung oleh tingginya penjualan di segmen ban performa tinggi (UHP). Selain itu, penjualan ban OEM juga turut berkontribusi dalam peningkatan laba perusahaan.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Neraca, pertumbuhan penjualan yang positif pada segmen ban UHP dan ekspansi OEM premium berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan perusahaan, meski pendapatan konsolidasi global mengalami penurunan keuntungan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pendapatan dari penjualan ban UHP melanjutkan momentum peningkatannya secara konsisten untuk menutup tahun 2014 dengan kenaikan tahun ke tahun (YoY) sebesar 6,8%, atau sekitar 30% dari seluruh penjualan global Hankook Tire. Produk unggulan perusahaan, yakni ban runflat dan ban balap juga memperlihatkan performa penjualan yang mengesankan pada tahun 2014 dengan kenaikan sebesar 10,8% YoY.

Selain performa keuangan yang menjanjikan dari tahun 2014, teknologi ban terkini milik Hankook Tire mendapat pengakuan dari pemimpin pasar mobil global yang diwujudkan dengan penggunaan produk ban runflat Hankook Tire sebagai ban OEM untuk merek mobil premium Jerman. Belakangan ini, pertumbuhan bisnis OEM perusahaan menjadi sorotan karena ekspansi yang dilakukan secara konsisten oleh Hankook Tire ke berbagai segmen pasar antara lain mobil sport, SUV mewah, dan kendaraan komersial.

Tahun 2014 juga menjadi saksi keberhasilan strategi investasi jangka panjang yang dijalankan oleh Hankook Tire melalui pembangunan Hankook Technodome – pusat riset dan pengembangan (R&D) perusahaan terbaru di Korea – dan pembangunan pabrik baru di Tennessee, Amerika Serikat. Hankook Tire juga meluncurkan Laufenn; merek ban baru dari Hankook Tire kelas entry-level yang diharapkan dapat membantu upaya perusahaan untuk menjadi pemimpin global dalam produksi dan penjualan ban kualitas tinggi.

Vice Chairman dan CEO Hankook Tire Mr. Seung Hwa Suh mengatakan, performa perusahaan yang kuat di tahun 2014 menjadi landasan yang kuat bagi rencana Hankook Tire untuk berkembang dan memperluas pengaruhnya di pasar ban global.

“Hankook Tire menganggap inovasi sangat penting, dan akan meneruskan peran kami sebagai pemimpin di segmen ban UHP. Dengan menyasar pasar ban di Amerika Utara dan negara berkembang, strategi pertumbuhan Hankook Tire yang berorientasi masa depan selaras dengan keinginan Hankook Tire untuk menjadi perusahaan ban terdepan di dunia,” ujar dia

BERITA TERKAIT

Di Tengah Ancaman Boikot, Danone Terus Disoal

Nama perusahaan multinasional asal Prancis, Danone terus bikin geger. Danone dan banyak perusahaan multinasional lainnya  dikecam di seluruh dunia karena aktif…

Khong Guan Luncurkan Biscuits House di KidZania

Memperkenalkan lebih dekat lagi biskuit Khong Guan kepada anak-anak sejak dini sebagai biscuit legendaris di Indonesia, Khong Guan Group Indonesia…

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…

BERITA LAINNYA DI Peluang Usaha

Di Tengah Ancaman Boikot, Danone Terus Disoal

Nama perusahaan multinasional asal Prancis, Danone terus bikin geger. Danone dan banyak perusahaan multinasional lainnya  dikecam di seluruh dunia karena aktif…

Khong Guan Luncurkan Biscuits House di KidZania

Memperkenalkan lebih dekat lagi biskuit Khong Guan kepada anak-anak sejak dini sebagai biscuit legendaris di Indonesia, Khong Guan Group Indonesia…

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…