Sampoerna School System - Akses Pendidikan yang Lebih Berkualitas

Pendidikan berkualitas berstandar internasional sering kali diperuntukkan bagi masyarakat kalangan kelas atas. Bahkan perguruan tinggi di luar negeri pun memerlukan dana pendidikan yang tidak terjangkau oleh masyarakat dari kalangan kelas menengah. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi calon siswa-siswi terbaik serta para orang tua yang berkeinginan dan memastikan anak mereka mendapatkan pendidikan berkualitas dengan karir yang menjanjikan di masa mendatang.

NERACA

Penting bagi Indonesia saat ini mencari solusi baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta kemampuan sumber daya manusianya. Menurut McKinsey Global Institute, pada tahun 2030 Indonesia diprediksi akan menjadi Negara dengan perkenomian terbesar ketujuh di dunia, bahkan melewati Jerman dan Inggris.

Hal ini berarti Indonesia membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk dapat bersaing di kancah perekonomian global dan regional. Namun, fakta lain dari Laporan Boston Consulting Group (BCG) memperkirakan 5 tahun ke depan, perusahan-perusahan besar di Indonesia hanya mampu mengisi sekitar setengah dari posisi entry level dengan lulusan Indonesia yang berkualitas.

Managing Director Putera Sampoerna Foundation, Nenny Soemawinata mengatakan, kualitas permodalan dan sumber daya manusia Indonesia perlu ditingkatkan supaya Indonesia dapat berdiri dengan kuat dan percaya diri dalam menghadapi dunia yang baru ini. Indonesia harus dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja berbakat dan terampil untuk membangun dan mengembangkan industry masa depan, terutama yang berbasis manufaktur, bisnis, teknologi, pelayanan kesehatan, penelitian dan infrastruktur.

“Bagaimanapun, kesempatan ini dapat kita manfaatkan jika kita memiliki sumber daya manusia terdidik yang mampu bersaing secara regional dan global. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mencari solusi dan metode baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan generasi masa depan Indonesia,” ujar dia

Dari 40 negara yang termasuk dalam laporan Learning Curve Pearson 2014, Indonesia menempat I peringkat terakhir dalam hal pencapaian pendidikan. Bahkan Indonesia menempati peringkat ke-64 dari 65 negara  yang termasuk dalam peringkat pendidikan global PISA dalam bidang matematika dan sains.

Di level perguruan tinggi, hanya tiga perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam daftar 400 universitas terbaik dunia, dan tidak satu pun universitas atau perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam 100 daftar universitas terbaik di dunia atau di Asia.

Untuk menjawab tantangan tersebut, sebuah perjalanan pendidikan baru dan alternatif lain sangatlah dibutuhkan. Tepat 10 Februari 2015 lalu, Sampoerna School System resmi diperkenalkan sebagai model pendidikan baru di Indonesia. Sistem ini merupakan pelopor perjalanan pendidikan di Indonesia yang diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia berkualitas di kondisi perekonomian Indonesia yang sedang meningkat pesat saat ini.

Sampoerna School System yang baru resmi diluncurkan ini merupakan sistem pendidikan terintegrasi pertama di Indonesia yang menerapkan kurikulum internasional berkualitas, berbahasa Inggris dan berfokus pada pendidikan berbasis pada Science, Technology, Engineering dan Math (STEM). Sistem ini terdiri dari Sampoerna Academy (untuk pendidikan anak dari taman kanak-kanak hingga pendidikan menengah atas), Sampoerna University dan Sampoerna Professional Development Center.

Dengan Sampoerna School System, siswa Indonesia mendapatkan akses jalur pendidikan berkualitas yang terintegrasi dengan kurikulum berstandar internasional. Jalur pendidikan ini membangun dan memperkaya siswa dengan keahlian, serta kompetensi untuk meraih kesuksesan saat menyelesaikan perjalanan Sampoerna School System mereka. Siswa Sampoerna School System dibekali dengan pemahaman bahwa setiap langkah yang diambil dalam pendidikan merupakan langkah menuju gerbang kesuksesan di masa mendatang.

“Sampoerna School System mendidik generasi penerus untuk menjadi lulusan berkaliber tinggi serta mampu bersaing secara global dengan bekal keterampilan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan perekenomian modern Indonesia,” ujar Chief Operating Officer Sampoerna School System, Dr. Richard Carpenter

Dengan menghadirkan pendidikan internasional yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia, Sampoerna School System dipercaya dapat memberdayakan para lulusannya untuk berkontribusi aktif kepada Indonesia. Selain itu para lulusan diharapkan dapat mengimplementasikan pengalaman, pengetahuan serta keahlian mereka ke dalam bidang sosial, politik dan ekonomi untuk kepentingan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Presiden Direktur IBM Indonesia, Gunawan Susanto yang turut hadir pada acara peluncuran Sampoerna School System membenarkan, saat ini kebanyakan perusahaan terutama yang berbasis IT mencari tenaga kerja dengan kompetensi STEM.

“Saya yakin bahwa Sampoerna School System akan membawa perubahan nyata dalam pendidikan Indonesia demi mendukung terbentuknya masa depan yang lebih baik bagi generasi muda di Indonesia. Saya percaya bahwa system ini juga akan membantu Indonesia dalam memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja terampil dan bertalenta untuk membangun perindustrian Indonesia,” ujar dia.

BERITA TERKAIT

Literasi Digital Sejak Dini, Perhatikan Screen Time Anak

  Tanamkan Literasi Digital Sejak Dini, Perhatikan Screen Time Anak NERACA Sidoarjo - Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital,…

SW Indonesia Dorong Mahasiswa Akutansi TSM Jadi Akuntan Kelas Dunia

  SW Indonesia Dorong Mahasiswa Akutansi TSM Jadi Akuntan Kelas Dunia NERACA Jakarta - SW INDONESIA mendorong mahasiswa akuntansi Sekolah…

Fasilitasi Anak Berolahraga untuk Cegah Perundungan

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan pencegahan perilaku perundungan (bullying) dapat dilakukan, salah satunya dengan memfasilitasi anak untuk berolahraga. "Kenapa terjadi…

BERITA LAINNYA DI

Literasi Digital Sejak Dini, Perhatikan Screen Time Anak

  Tanamkan Literasi Digital Sejak Dini, Perhatikan Screen Time Anak NERACA Sidoarjo - Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital,…

SW Indonesia Dorong Mahasiswa Akutansi TSM Jadi Akuntan Kelas Dunia

  SW Indonesia Dorong Mahasiswa Akutansi TSM Jadi Akuntan Kelas Dunia NERACA Jakarta - SW INDONESIA mendorong mahasiswa akuntansi Sekolah…

Fasilitasi Anak Berolahraga untuk Cegah Perundungan

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan pencegahan perilaku perundungan (bullying) dapat dilakukan, salah satunya dengan memfasilitasi anak untuk berolahraga. "Kenapa terjadi…