Semakin Mudah Mengeluarkan “Uang” dengan Hadirnya si NFC

NERACA- Near Field Communication (NFC) menjadi topik populerakhir-akhir ini. NFC sendiri bukanlah sebuah teknologi baru, tetapi untuk kalangan pengguna awam, teknologi ini belum banyak dikenal. Dasar pemikiran dari teknologiini adalah untuk memungkinkan pengguna dengan perangkatbergeraknya seperti handphone, dapat mentransfer data,dana, atau file ke sebuah perangkat lain untuk diprosesdengan cepat tanpa harus melakukan konfigurasi yang rumitdan memakan waktu. Penting untuk memahami konsep dariNFC dan apa saja yang bisa dilakukan dengan teknologitersebut, karena NFC banyak diprediksi dapat memberikanlahan keuntungan baru bagi dunia bisnis secara umum di masadepan.

Perusahaan seperti MasterCard dan Google sudah mulaimenjajaki bidang ini. Hal ini ditunjukan dengan hadirnyaGoogle Wallet. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membelibarang dengan menepuk atau “tapping” handphone di sebuah alat pemindai khusus, yang akanmenerima pembayaran langsung dari akun MasterCard sipengguna.

Lagi-lagi konsep yang diajukan sangat sederhana, mungkinbisa dibilang mirip dengan produk BCA Flazz. Tapi perludiperhatikan bahwa media yang digunakan adalah handphone.Handphone merupakan peralatan yang paling dekat denganmanusia, berbeda dengan kartu kredit ataupun kartupembayaran instan lainnya.

Berikut ada beberapa contoh dimana NFC dapatmengoptimalkan sebuah bisnis:

Usaha Daily Deals atau promo berdasarkan lokasi akan lebihmaju. Kupon-kupon dapat langsung didapatkan di lokasitentunya dengan memanfaatkan fitur GPS di smartphone.Kemudian pengguna juga bisa langsung menggunakan kuponpromosi dengan mudah tanpa harus membawa bawa banyakkupon. Pengguna akan merasa mudah dalam membeli, mudahuntuk membayar, dan berefek kepada lebih mudah untukmengeluarkan uang mereka. Di restoran dapat mempercepat proses pembayaran mereka.Pengguna tidak perlu repot untuk meminta bill ke pelayankemudian menunggu kartu kredit di kembalikan, atauharus menunggu kembalian dari si pelayan jika merekamenggunakan pembayaran tunai. Usaha transportasi juga dapat memanfaatkan NFC sebagaialat bayar yang praktis, tanpa perlu ada antrian yangterlalu panjang untuk mendapatkan tiket. Kemudian contohberikutnya yang cukup menarik adalah ketika seseorangpenumpang pesawat kebingungan mencari barang bawaanyayang di titipkan di bagasi akan keluar di line berapa. DenganNFC, bisa saja data dari tiket disimpan di handphone dan kemudian penumpang pesawat tersebut hanya perlumengetuk handphone mereka di pemindai NFC dan mendapatkan info dari tiket merekatersebut, di line mana barang bawaan mereka akan keluar. Mesin penjual otomatis pun mungkin akan lebih sering digunakan. Hanyaperlu mengetuk handphone, maka pengguna sudah dapat membelidengan mudah dan mendapatkan dengan cepat apa yangmereka mau.

NFC akan menyuguhkan peningkatan efisiensi waktu untukkonsumen dan pemilik usaha. Sedangkan untuk pemilik usaha,mereka akan dipermudah dalam menganalisa pencapaianpromo yang mereka buat. NFC dirancang untuk dapatmemindahkan data, maka akan memungkinkan pemilik tokodapat menganalisa data mengenai waktu prime time tokotersebut, presentase jenis kelamin pengunjung toko, jenisbarang atau jasa yang disukai konsumen sampai rata-rata pengeluaranper pelanggan, dan lain-lain secara realtime.

Jika penerapan NFC mulus dan dapat diterimadengan positif, maka kemungkinan pola hidupkonsumtif akan makin tinggi, karena konsumen merasadimudahkan dalam segala hal, termasuk merasa mudah untukmengeluarkan uang mereka. NFC, sebuah teknologi sederhana tapisangat berpotensi menghasilkan perubahan di pola hidup sertaekonomi masyarakat global.

Related posts