Menentukan Warna Cat Hunian dengan Feng Shui

Warna cat sebuah hunian memang memiliki fungsi yang sangat penting dalam mempercantik sebuah hunian, namun sesunggungnya tidak mudah dalam memilih warna cat dalam sebuah hunian. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan sebelum mengecat atau menentukan warna cat sebuah hunian. Warna cat yang tidak selaras dengan desain ataupun ornament dalam sebuah hunian justru akan memperburuk tampilan sebuah hunian.

Setiap warna cat pastilah memiliki makna dan arti masing-masing. Sebagian orang memilih warna cat huniannya sesuai karakternya, sebagian lagi memilihnya sesuai ornament dan desain sebuah hunian, barulah sisanya memilih warna cat sesuai arti dan Feng Shui sebuah warna. Warna cat hunian yang sudah kusam atau terlalu lama terkadang membuat suasana sebuah hunian menjadi sangat membosankan.

Dalam memadukan warna cat hunian, faktor keseimbanganlah yang paling utama untuk diperhatikan. Jangan sampai Anda menggunakan banyak warna pada hunian, karena hal tersebut dapat menyebabkan melelahkan, bahkan mati rasa yang berakibat memengaruhi Anda sekeluarga.

Diusulkan untukwarna cat hunian agar mengikuti perbandingan warna secara umum, yaitu 60-30-10. Contoh : 60 persen darikamar mandiatauruang dapur(biasanya tembok) sebaiknya menjadi satu pola warna. Warna kabinet atau mebel untuk 30 persen di antaranya. Dan 10 persen untuk aksen dan aksesori seperti tanaman, karya seni dan linen.

Disarankan pula untuk tidak mewarnai dapur Anda dengan warna-warna bernuansa buah jeruk. Karena dalam prinsip feng shui, warna oranye menambah selera makan. Kecuali kalau Anda mau gemuk, silakan menyapukan warna oranye. Setelah menentukan gabungan warna yang ingin Anda pilih, Anda juga mesti perhatikan sejumlah hal berikut ini.

Pertama,perhatikan kualitascat. Hal ini mungkin terdengar sepele. Namun, saat ini banyak sekali produk pewarnadindingyang berkualitas rendah. Cepat pudar dan warna mudah berubah meski dinding baru saja selesai dicat. Penting diketahui, sebelum menentukan warna, sebaiknya Anda mengetahui terlebih duluwarna cat yang sedang tren.

Jangan lupa, pilih cat yang mengandung 100% acrylic dan tahan terhadap sinar ultraviolet. Cat tersebut juga harus ramah lingkungan. Dan, yang terpenting ciri-ciri cat yang baik adalah mudah diaplikasikan dan dibersihkan. Lebih baik lagi jika cat itu tidak meninggalkan bau selama dan sesudah pengecatan.

Selanjutnya, pilih warna yang menciptakan harmoni pada keseluruhan ruangan. Selaraskan warna denganfurnitur,lantaiatau karpet. Ingat, warna yang dipilih secara tidak langsung menggambarkan suasana hati sang pemilik hunian. Sebagai contoh, warna merah menggambarkan energi, mobilitas, dan kehangatan. Warna putih menggambarkan kepolosan, kemurnian, dan kebersihan.

Perlu diperhatikan, pergantian warna dari satu ruang ke ruang lain sebaiknya mengalir. Maksudnya, hindari perubahan warna yang sangat kontras dari satu ruang ke ruang lain. Jika Anda punya ide bagus dalam pemilihan warna maupun dekorasi, namun tidak usah mengerjakannya secara langsung, panggillah tukang yang memang sudah ahli dalam mengecat.

BERITA TERKAIT

Ketua MPR - Konstitusi Harus Sesuai Dengan Tuntutan Zaman

Zulkifli Hasan  Ketua MPR Konstitusi Harus Sesuai Dengan Tuntutan Zaman Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan berpendapat…

Pasar Non Tradisional - Indonesia Akan Perkuat Kerja Sama Perdagangan Dengan Afrika

NERACA Jakarta – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan akan terus berupaya membuka akses pasar produk-produk Indonesia ke pasar non-tradisional, khususnya…

Wujudkan Cita-cita Bangsa dengan Kontribusi Pajak

  Oleh: Sarah Faizatun Nisa, Staf Ditjen Pajak Menginjak usia 74 tahun, Indonesia diharapkan menjadi negara yang semakin maju dan…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Bank Dunia Apresiasi Program Sejuta Rumah Pemerintah

  NERACA Jakarta - Bank Dunia mengapresiasi program Sejuta Rumah yang dibuat oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI) sebagai salah satu…

Pertumbuhan Pasokan Perkantoran di Jakarta Melambat

  NERACA Jakarta - Perusahaan konsultan properti Colliers International menyatakan bahwa pertumbuhan pasokan perkantoran di wilayah DKI Jakarta terus melambat…

Tukang.com Komitmen Kembangkan UKM

  NERACA Jakarta - CEO tukang.com Aziz Hartanto mengatakan berkomitmen untuk kembangkan usaha kecil menengah (UKM) dengan menggandeng sejumlah pelaku…