Minyak Zaitun Hilangkan Kerutan Ibu Hamil

NERACA

Banyak manfaat dari minyak zaitun salah satunya efektif untuk mencegah kerutan di kulit pada masa kehamilan, kata Ketua Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia Indonesia (POGI) dr Nurdadi Saleh SpOG.

"Minyak zaitun paling baik untuk mencegah terjadinyastretch mark," kata Nurdadi, saat berbicara di acara kampanye 1000 senam ibu hamil di Jakarta, Sabtu.

Nurdadi mengatakan, minyak adalah cairan yang dapat melenturkan kulit saat tubuh beradaptasi mengikuti perubahan bentuk tubuh saat kehamilan.

Dengan minyak zaitun, kata Nurdadi, kulit tidak akan mengalami kerutan ketika bentuk tubuh mengalami perubahan karena perkembangan janin dalam perut. Minyak zaitun dioleskan pada kulit perut agar lebih elastis ketika mengikuti bentuk perubahan pada tubuh.

Namun, Nurdadi menyarankan agar minyak zaitun juga dioleskan pada bagian tubuh yang akan mengalami perubahan bentuk dan bisa menimbulkan kerutan.

"Tapi sebaiknya tidak hanya di perut saja, tapi oleskan juga di sekitar bokong, paha, dan juga di sekitar payudara," tutur Nurdadi.

Nurdadi mengatakan, kerutan di kulit saat kehamilan memang kerap dialami oleh ibu hamil seiring membesarnya janin dalam kandungan. Kerutan tersebut akan mulai terlihat membekas seusai persalinan.

Tidak hanya itu minyak zaitun bisa mengatasi masalah BAB atau buang air besar. Tapi bagi ibu hamil kadang dicoba dengan kesulitan buang air besar. Tentang, ada minyak zaitun yang dapat mengatasi sulit BAB bagi ibu hamil.

Cara penggunaannya adalah mengkonsumsinya. Selain mengonsumsi minyak zaitun anda juga disarankan untuk memakan buah-buahan yang kaya serat, dan jangan lupa untuk minum air putih dan hindari makanan pedas.

Tidak hanya untuk mengurangi peregangan kulit dan membantu mengatasi kesulitan BAB, minyak zaitun yang punya aromaterapi bisa digunakan untuk membantu pijat. Pahamlah, Ibu hamil pasti mengalami pegal-pegal, khususnya di bagian kaki. Apalagi jika kandungan ibu hami sudah masuk trisemester 2. Penggunaan minyak zaitun untuk media pijat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, pegal, kram kaki, dan bisa mencegah varises.

BERITA TERKAIT

Hilangkan Ego Sektoral Benahi Transportasi Jabodetabek! - PRESIDEN INGATKAN KEMENTERIAN, PEMDA DAN LEMBAGA LAIN

Jakarta-Presiden Jokowi meminta kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah menghilangkan ego sektoral dalam pengelolaan transportasi Jabodetabek. Presiden mengingatkan kepentingan transportasi nasional…

Produksi Minyak Sawit ANJT Tumbuh 6,6%

Hingga Februari 2019, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) memproduksi minyak sawit mentah sebanyak 34.750 ton atau naik 6,6% dari…

IBU NEGARA MENCOBA MRT

Ibu negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kanan), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri),…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Cara Alami Turunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi kerap dianggap sebagai silent killer. Sebagian kasus hipertensi tak menunjukkan gejala berarti, namun berisiko fatal…

Generasi Milenial Rentan Hipertensi

Dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak generasi milenial yang terkena penyakit hipertensi akibat gaya hidup tidak sehat. Menurut pakar hipertensi…

Kenali Gejala Gangguan Mental pada Anak

Gangguan kesehatan mental mulai menyerang anak-anak. Tanpa disadari, banyak di antara anak-anak penderita gangguan kesehatan mental, tidak mendapat bantuan dan…