Minyak Zaitun Hilangkan Kerutan Ibu Hamil

NERACA

Banyak manfaat dari minyak zaitun salah satunya efektif untuk mencegah kerutan di kulit pada masa kehamilan, kata Ketua Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia Indonesia (POGI) dr Nurdadi Saleh SpOG.

"Minyak zaitun paling baik untuk mencegah terjadinyastretch mark," kata Nurdadi, saat berbicara di acara kampanye 1000 senam ibu hamil di Jakarta, Sabtu.

Nurdadi mengatakan, minyak adalah cairan yang dapat melenturkan kulit saat tubuh beradaptasi mengikuti perubahan bentuk tubuh saat kehamilan.

Dengan minyak zaitun, kata Nurdadi, kulit tidak akan mengalami kerutan ketika bentuk tubuh mengalami perubahan karena perkembangan janin dalam perut. Minyak zaitun dioleskan pada kulit perut agar lebih elastis ketika mengikuti bentuk perubahan pada tubuh.

Namun, Nurdadi menyarankan agar minyak zaitun juga dioleskan pada bagian tubuh yang akan mengalami perubahan bentuk dan bisa menimbulkan kerutan.

"Tapi sebaiknya tidak hanya di perut saja, tapi oleskan juga di sekitar bokong, paha, dan juga di sekitar payudara," tutur Nurdadi.

Nurdadi mengatakan, kerutan di kulit saat kehamilan memang kerap dialami oleh ibu hamil seiring membesarnya janin dalam kandungan. Kerutan tersebut akan mulai terlihat membekas seusai persalinan.

Tidak hanya itu minyak zaitun bisa mengatasi masalah BAB atau buang air besar. Tapi bagi ibu hamil kadang dicoba dengan kesulitan buang air besar. Tentang, ada minyak zaitun yang dapat mengatasi sulit BAB bagi ibu hamil.

Cara penggunaannya adalah mengkonsumsinya. Selain mengonsumsi minyak zaitun anda juga disarankan untuk memakan buah-buahan yang kaya serat, dan jangan lupa untuk minum air putih dan hindari makanan pedas.

Tidak hanya untuk mengurangi peregangan kulit dan membantu mengatasi kesulitan BAB, minyak zaitun yang punya aromaterapi bisa digunakan untuk membantu pijat. Pahamlah, Ibu hamil pasti mengalami pegal-pegal, khususnya di bagian kaki. Apalagi jika kandungan ibu hami sudah masuk trisemester 2. Penggunaan minyak zaitun untuk media pijat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, pegal, kram kaki, dan bisa mencegah varises.

BERITA TERKAIT

Mangrove Terimbas Kebocoran Minyak, Pertamina Cepat Menangani

Bekasi-Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdar) Alipbata Muara Gembong Bekasi Sonhaji menegaskan, mangrove di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi,…

Hilangkan Diskriminasi Taksi Online

Pemprov DKI Jakarta hendaknya tidak diskriminasi terhadap operasional taksi online (daring) melalui aturan perluasan ganjil genap. Mereka para driver adalah…

Samad: Isu Radikalisme di KPK untuk Hilangkan Kepercayaan Rakyat

Samad: Isu Radikalisme di KPK untuk Hilangkan Kepercayaan Rakyat   NERACA Jakarta - Tuduhan radikalisme di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Mengurai Fakta di Balik Sit Up Bisa Kecilkan Perut Buncit

Tak ada orang yang ingin punya perut buncit. Pasalnya perut buncit dianggap akan mengurangi penampilan seseorang. Hanya saja sayangnya, mengecilkan…

'Menyelamatkan' Stok ASI di Kulkas Ketika Listrik Padam

Ketika listrik padam, ibu menyusui langsung merasa panik. Apalagi mereka yang punya banyak stok ASI perah dalam lemari es. Bagi…

Berbagai Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Ada banyak cara untuk mengolah telur. Setiap cara pengolahan telur menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda untuk tubuh. Merebus telur adalah…