Pengawasan Perbankan Eropa Tahun 2015 - Oleh: Achmad Deni Daruri, President Director Center for Banking Crisis

Kebijakan nilai tukar yang dilakukan oleh bank sentral Swiss baru-baru ini telah membuat perubahan besar dalam bukan saja perdagangan valuta asing namun yang lebih dahsyat dari itu adalah ancaman risiko sistemik risiko perbankan di Eropa itu sendiri. Tampak jelas bahwa bank sentral Swiss sangat khawatir terhadap kemampuan pengawas perbankan di Uni Eropa untuk memantau dampak negatif dari kuantitatif easing yang tengah dan akan diberlakukan oleh bank sentral Eropa.

Artinya bank sentral Swiss telah menemukan informasi rahasia dari kelemahan perbankan di Eropa. Peek, Rosengren, dan Tootell (1999) yang menemukan bahwa informasi pengawasan rahasia dapat meningkatkan pengawasan kebijakan moneter. Meskipun penelitian telah mengungkapkan potensi sinergi antara pengawasan bank dan kebijakan moneter, implikasi dari sinergi ini untuk struktur regulasi belum diuji.

Jika struktur peraturan didasarkan pada kriteria yang disediakan lembaga-lembaga informasi pengawasan yang paling berguna untuk kebijakan moneter, seperangkat institusi yang sangat berbeda akan dipilih dibandingkan jika kriteria itu hanya didasarkan pada lembaga-lembaga yang menimbulkan risiko sistemik terbesar. Sejumlah rencana reformasi pengawasan bank dan struktur peraturan telah diusulkan selama lima puluh tahun terakhir.

Meskipun usulan ini berbeda dalam berbagai tingkat dari struktur saat ini (dan dari masing-masing lainnya), perbandingan membuat jelas bahwa undang-undang apapun untuk mengubah pengawasan bank tanggung jawab mungkin akan fokus pada satu atau lebih hal berikut tiga dimensi: jenis charter, apakah bank termasuk perusahaan induk, dan ukuran organisasi perbankan. Perdebatan telah difokuskan pada tiga dimensi yang lebih bersifat politik daripada karena alasan ekonomi. Tulisan ini memberikan kontribusi terhadap perdebatan ini dengan berfokus pada pentingnya pertimbangan ekonomi yang telah banyak absen dari diskusi sebelumnya tentang mendesain ulang struktur peraturan bank.

Sebagai patokan, kami mengkaji bukti empiris yang ditemukan di Peek, Rosengren, dan Tootell (1999) sejauh mana informasi pengawasan tentang himpunan semua bank meningkatkan perkiraan laju inflasi dan pengangguran. Persen aset bank yang dimiliki oleh bank yang pengawas anggap paling bermasalah adalah ukuran informasi diperoleh melalui tanggung jawab pengawasan bank yang digunakan dalam uji ini. Selanjutnya, kita menyelidiki seberapa jauh informasi pengawasan tentang himpunan bank yang diatur oleh Bank Sentral Eropa saat ini menyediakan informasi yang berguna bagi pelaksanaan kebijakan moneter.

Karena status perusahaan induk dari sebuah bank adalah salah satu dimensi utama yang dipertimbangkan dalam banyak proposal reformasi regulasi, kita mempertimbangkan himpunan bank yang mana Bank Sentral Eropa berfungsi sebagai regulator federal primer serta sebagai bank yang lebih luas yang disertakan melalui tanggung jawab pengawasan bank perusahaan induk yang dimiliki oleh Bank Sentral Eropa. Hal ini diperdebatkan, apakah struktur peraturan yang berbelit-belit akan menjadi struktur pilihan jika seseorang berniat untuk mengatur tanggung jawab pengawasan dari awal.

Sejumlah usulan untuk reformasi pengawasan dan regulasi bank telah diusulkan selama lima puluh tahun terakhir, dan satu motivasi yang mendasari proposal ini adalah untuk mengurangi tumpang tindih peraturan. Meskipun proposal bervariasi, dan tidak ada yang menghasilkan restrukturisasi besar, penugasan bank kepada regulator tertentu dalam proposal telah didasarkan terutama pada tiga pertimbangan: charter bank, ukuran bank, dan apakah bank di dalam perusahaan induk (holding). Pilihan antara state chartered dan national chartered telah diserahkan kepada masing-masing bank, bukannya terikat untuk mencapai tujuan kebijakan publik tertentu, seperti meningkatkan informasi untuk melaksanakan kebijakan moneter atau mengurangi masalah sistemik. Dengan demikian, pilihan bank ditentukan oleh jenis charter paling berpengaruh meningkatkan profitabilitasnya.

Preferensi charter telah dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk pajak atas bank notes, kesediaan regulator untuk memungkinkan wewenang yang diperluas, biaya langsung dan tidak langsung untuk pemeriksaan bank, dan sikap pengaturan dan pengawasan dari pihak otoritas. Sebagian besar lembaga keuangan terbesar memiliki hubungan substansial yang saling berkaitan dan sering tidak terpisahkan dari fungsi pasar keuangan yang mereka khususkan.

Dengan demikian, tanggung jawab bank sentral untuk fungsi jendela diskon, untuk manajemen sistem pembayaran, dan untuk menjaga pasar keuangan dengan tertib dan ekonomi yang stabil akan memberikan alasan ekonomi untuk menugaskan tanggung jawab pengawasan bank sentral kepada bank terbesar.

Namun, besar ukuran bank dan potensi sistemik risiko tidak sama, ada beberapa bank kecil  yang merupakan pemain ceruk pasar yang penting dan, sebagaimana kegagalan beberapa bank kecil di Eropa pada krisis tahun 2009 yang lalu menunjukkan, bahkan bank-bank yang relatif kecil dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap saudara mereka yang lebih besar. Bank sentral Swiss tampaknya menyadari kelemahan ini sehingga nilai Euro diperkirakan akan terus melemah jika bank-bank di Eropa melemah di masa depan. Mengumpulkan cadangan devisa dalam Euro akan membuat risiko kerugian yang sangat besar bagi Bank Sentral Swiss di masa depan. Tak ada pilihan Bank Sentral Swiss harus melakukan cut loss dengan keluar dari sistem peg terhadap Euro. Kaitan antara pengawasan bank dan nilai tukar terbukti sangat erat sekali!***

BERITA TERKAIT

Pembangunan Infrastruktur Demi Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Papua

  Oleh : Damier Kobogau, Mahasiswa Papua tinggal di Surabaya   Pemerintah terus berkomitmen membangun Papua melalui berbagai pembangunan infrastruktur…

Pembangunan Fasilitas Pendukung Salah Satu Kunci Kesuksesan IKN

  Oleh : Rivka Mayangsari, Peneliti di Lembaga Studi dan Informasi Strategis Indonesia   Pembangunan IKN merupakan sebuah keputusan sejarah…

Presiden Terpilih Perlu Bebaskan Ekonomi dari Jebakan Pertumbuhan 5% dengan Energi Nuklir Bersih

    Oleh: Dr. Kurtubi, Ketua Kaukus Nuklir Parlemen 2014 – 2019, Alumnus UI Bencana Alam yang banyak terjadi didunia…

BERITA LAINNYA DI Opini

Pembangunan Infrastruktur Demi Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Papua

  Oleh : Damier Kobogau, Mahasiswa Papua tinggal di Surabaya   Pemerintah terus berkomitmen membangun Papua melalui berbagai pembangunan infrastruktur…

Pembangunan Fasilitas Pendukung Salah Satu Kunci Kesuksesan IKN

  Oleh : Rivka Mayangsari, Peneliti di Lembaga Studi dan Informasi Strategis Indonesia   Pembangunan IKN merupakan sebuah keputusan sejarah…

Presiden Terpilih Perlu Bebaskan Ekonomi dari Jebakan Pertumbuhan 5% dengan Energi Nuklir Bersih

    Oleh: Dr. Kurtubi, Ketua Kaukus Nuklir Parlemen 2014 – 2019, Alumnus UI Bencana Alam yang banyak terjadi didunia…