Pabrik Baru Martina Berto Sudah Beroperasi

NERACA

Jakarta – Perusahaan kosmetik PT Martina Berto Tbk (MBTO) telah mengoperasikan pabrik jamu baru di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi hingga 269 ton per tahun. Untuk tahap awal tingkat produksi pabrik tidak akan dipasang hingga mencapai level tersebut. "Diawal tahun ini sebenarnya pabrik itu sudah beroperasi. Mengingat produksinya masih kecil, jadi belum bisa kami launching secara resmi," kata Corporate Secretary MBTO Desril Mochtar di Jakarta, kemarin.

Pabrik yang memiliki bagian utama dengan luas sekitar 4 hektar (ha) ini menelan biaya investasi sekitar Rp20 miliar. Rinciannya, lahan seluas 1 ha dimanfaatkan untuk bangunan fisik pabrik dan lahan seluas 3 ha dipergunakan untuk perkebunan tanaman herbal yang menjadi bahan baku jamu yang nantinya akan dirpoduksi.

Lebih lanjut Desril mengatakan, awal beroperasi, kontribusi penjualan dari pabrik jamu tersebut tidak ditargetkan teralu tinggi. Hal itu karena harga produk kosmetik dan jamu herbal pun sudah jauh rentangnya,”Misalnya, sama-sama satu truk, namun harganya tetap lebih mahal kosmetik ketimbang jamu. Kami perkirakan kontribusi bisnis ini hanya sekitar 2% untuk tahun ini," ujar Desril.

Sementara itu, MBTO tahun ini menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 9% hingga 10%. Artinya tahun ini perseroan menargetkan penjualan sekitar Rp768,89 miliar hingga Rp775,95 miliar, dari target penjualan tahun sebelumnya Rp705,41 miliar. Dengan demikian, dapat diasumsikan kalau kontribusi penjualan jamu dari pabrik baru tersebut sekitar Rp15,38 miliar-Rp15,52 miliar.

Asal tahu saja, perseroan mengucurkan biaya investasi Rp 20 miliar untuk membangun pabrik di lahan seluas 1 hektare (ha). Di sekitar pabrik Cikarang tersebut, ada lahan perkebunan tanaman herbal seluas 3 ha. Tanaman herbal itulah yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan jamu.

Selain volume produksi yang belum maksimal. Manajemen perusahaan itu menyebut harga jual jamu lebih murah ketimbang kosmetik.Karenanya, Manajemen perusahaan ini hanya mematok target kontribusi penjualan jamu 2% terhadap total pendapatan tahun ini. Asal tahu saja, tahun ini perusahaan berkode MBTO di Bursa Efek Indonesia mengincar pertumbuhan penjualan 9%-10% dari realisasi 2014. (bani)

BERITA TERKAIT

Tol Pandaan - Malang Siap Beroperasi Awal 2019

    NERACA   Surabaya - Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang sepanjang 30,63 kilometer sudah siap beroperasi mulai Januari 2019, sehingga…

Pabrik Pintar Diincar Jadi Rujukan Implementasi Industri 4.0 - Sektor Riil

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian sedang melakukan pemilihan terhadap perusahaan-perusahaan yang juara di sektornya terutama dalam kesiapan menerapkan teknologi industri…

Sulap Ponsel Android Lama jadi Baru

Tak dimungkiri, permasalahan yang dihadapi pengguna smartphone Android adalah adopsi sistem operasi yang tidak merata. Sejumlah vendor smartphone kerap kesulitan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Pefindo Beri Peringkat AA- Chandra Asri

NERACA Jakarta - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan rating untuk PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) pada AA-. Prospek…

Bakrieland Raup Untung Rp 3,1 Triliun

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) mencatat laba bersih sebesar Rp 3,1 triliun hingga kuartal III-2018…

Pefindo Beri Peringkat A Semen Baturaja

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA PT Semen Baturaja Tbk (SMBR), serta surat utang jangka menengah atau Medium…